Di jaman sekarang, benang jahitan sudah bisa langsung menyatu dengan daging dan diserap tubuh, itulah kenapa sudah tidak lagi perlu melepas jahitan lagi.

Biasanya membutuhkan satu minggu untuk menyembuhkan luka jahitan pada perineum.

Saya selalu bilang kepada para klien bahwa VAGINA adalah organ yang laing ajaib dan paling mudah untuk regenerasi selnya. Dibanding organ tubuh lainnya.

Coba bayangkan;

– Ketika Anda mengalami luka robekan , entah itu luka ssayatan atau luka kecelakaan di lengan misalnya, dan butuh penjahitan. Maka selama lebih dari 1 minggu luka tersebut haruslah kering dan tidak boleh terkena air sama sekali jika ingin luka tersebut cepat sembuh. Bukankah demikian?

– Namun apa yang terjadi pada vagina Anda? Robekan separah apapun, dan luka tersebut selama 24 jam terendam basahnya lokhea, darah dan air ketika Anda cebok. Namun tetep saja luka vagina lebih cepat sembuh dibanding luka di lengan Anda yang dirawat dan diusahakan kering sedemikian rupa tadi.

Karena penyembuhan luka perineum membutuhkan waktu, maka ada baiknya Anda kontrol ke provider untuk memeriksa kondisi vagina Anda.

Supaya apabila ada tanda infeksi, bisa segera di ketahui dan di tangani.

Hal yang paling penting Anda lakukan adalah MERAWAT luka di perineum Anda dengan baik.

Prinsip yang harus di pegang adalah:

  1. Jaga Kebersihan
  2. Konsumsi makanan sehat dan tinggi protein

Cara Merawat  luka Jahitan

Setelah Anda kembali ke rumah dari rumah sakit, Anda mungkin akan merasa lebih sensitive dan merasa area tersebut terasa lebih “lembut” di sekitar perineum. Mungkin ada rasa sakit atau berdenyut yang terus-menerus, atau Anda mungkin merasakan tarikan atau malah terasa kebas sesekali. Saat ini dirasa kurang nyaman, Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan ini dengan menggunakan kompres es untuk hari pertama atau lebih, terutama jika lukanya masih bengkak dan merah.

berikut ini beberapa pengobatan dan perawatan yang bisa bantu Anda :

Ini untuk PERTAMA kali ! selama 24 jam pertama.