Bagi saya, Menurut pengalaman Klien Klien di bidan kita, ini obat sangat ampuh. memang cukup lumayan ‘mak nyooosss” saat di gunakan, namun biasanya penyembuhannya cepat sekali.

Saya kenal obat ini pertama kali saat praktek di Bumi Sehat, Bali. dan aku bilang, obat ini obat ajaib. karena cukup di bubuhin di luka saja, si luka bisa langsung menutup. hanya saja memang sedikit terasa agak kotor (arena kapsulnya harus di buka dan serbuknya di taburkan di luka)

Meskipun tidak ada instruksi perawatan khusus dalam hal ini, namun Anda pasti ingin menjaga perineum Anda tetap bersih. Sehingga saat Anda cebok, silahkan gunakan botol berisi air hangat (bisa Anda campur dengan calendula tincture) yang bisa “muncrat” sehingga memudahkan Anda untuk cebok tiap kali di kamar mandi.

Perbandingan antara air mineral hangat dengan calendula tinktur adalah 650ml ; 10 tetes

Kemudian tepuk dengan tissue atau handuk kering.

Selalu usahakan arah mengelapnya adalah dari depan ke belakang.

#calendula tincture bisa Anda dapatkan melalui Admin Bidan Kita di 085100111884

Dan ingat sebelum melakukan perawatan luka selalu Gunakan pembersih antibakteri untuk mencegah menginfeksi luka akibat  tangan Anda yang mungkin kotor.

Ganti pad / pembalut Anda setiap dua hingga empat jam.

Belilah mini-tub dangkal yang disebut sitz bath yang cocok di atas dudukan toilet dan memungkinkan Anda untuk berendam air hangat di jahitan untuk membersihkan dan menghilangkan rasa sakit (ini juga sangat bermanfaat apalagi apabila Anda juga mempunyai haemoroid/wasir)

Gunakan obat Obat penghilang rasa sakit yang alami, ini kan jauh lebih sehat dibanding kimia. (arnica montana bisa menjadi pilihan Anda , ini adalah jenis remedy homeopathy) namun jika tidak ada, gunakan asam mefenamat atau paracetamol jika dirasa sangat tidak nyaman.

Selama seminggu pertama , Anda bisa duduk di atas bantal donat juga terutama jika Anda menderita wasir.

Selama satu minggu pertama, cobalah untuk pelan pelan melakukan senal=m kegel, untuk membantu mengembalikan tonus otot di sekitar perineum. Dan meningkatkan peredaran darah.