Air SUSU ibu adalah makanan pertama bayi anda.  Memberi ASI adalah cara terbaik untuk memberi makan bayi. ASI adalah yang terbaik. Jadi, bila anda berminat memberi ASI, cobalah sesaat setelah bayi anda lahir. Akan lebih mudah bagi anda untuk memulai dan menghentikan pemberian ASI ketimbang tidak pernah memberi ASI dan mengharapkan yang sebaliknya.

Mengapa ASI sangat baik?

  • ASI adalah makanan yang sempurna untuk bayi. Susu ini dibuat untuk bayi manusia.
  • ASI selalu tersedia. Lalu, setelah beberapa minggu, ASI lebih praktis dibandingkan menyiapkan susu formula di botol.
  • ASI bersih dan aman bagi bayi anda.
  • ASI membantu bayi anda memerangi kuman dan penyakit.
  • ASI membantu mencegah alergi.

 

Memberi ASI juga baik untuk anda, antara lain membantu mengurangi risiko menderita penyakit tertentu, seperti kanker payudara atau kanker indung telur. Menyusui sendiri bayi anda juga lebih menghemat biaya dibanding memberinya susu formula. Jadi, anda bisa menghemat uang. Selain itu, menyusui bayi anda sendiri akan menciptakan ikatan khusus antara anda dan si buah hati. Kalian berdua akan menikmati kedekatan ini.

 

Menghasilkan ASI

Payudara anda berubah selama kehamilan dalam rangka mempersiapkan ASI. Pada pertengahan kehamilan, anda mulai menghasilkan kolostrum (susu pertama yang bayi anda minum pada beberapa hari pertama kehidupannya). Kolostrum mengandung antibodi (pembasmi kuman yang mengalir dari darah anda ke susu dan kemudian ke bayi anda). Kolostrum juga mengandung nutrisi, seperti vitamin, protein, dan lemak yang sehat. Kolostrum itu kenal dan kaya. Jadi, bayi anda hanya memerlukannya dalam jumlah kecil.

Setelah beberapa hari, kolostrum yang berwarna kekuningan lebih banyak susu. ASI mengandung campuran nutrisi yang tepat bagi bayi anda yang sedang tumbuh. Payudara anda menghasilkan susu sebanyak yang dibutuhkan bayi anda. Sebetulnya, bila anda memiliki bayi kembar, anda dapat menghasilkan cukup susu untuk dua bayi.

Proses pembuatan ASI disebut laktasi. Kata yang lebih umum digunakan untuk “memberi ASI” adalah “menyusui”. Kendati payudara anda lebih besar pada awalnya, payudara anda tidak akan tetap seperti itu selama anda menyusui. Payudara anda perlahan-lahan akan mengecil ketika bayi anda mulai menelan makanan lain, sekitar usia 6 bulan. Ketika anda berhenti menyusui, payudara anda biasanya akan kembali ke ukuran normalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here