Namun sebenarnya Power disini pada dasarnya adalah kekuatan otot Rahim untuk berkontraksi. Kekuatan yang lemah saat kontraksi dapat disebabkan karena terjadinya  disfungsi otot uterus yang bersifat hipotonik.

Disfungsi uterus ini banyak penyebabnya, yaitu:

  • Malfungsi otot uterus dapat terjadi karena regangan uterus yang berlebihan, misal pada kehamilan ganda atau hamil dengan bayi besar. Karena terjadinya distensi / regangan otot uterus yang berlebihan, maka kekuatan Rahim untuk berkontraksi menjadi terganggu sehingga persalinan menjadi lama
  • Penggunaan analgesia (obat penghilang rasa sakit) melalui epidural. Pemberian analgesia ini dapat menjadikan persalinan lebih lama, baik persalinan kala satu ataupun kala dua dengan perlambatan kecepatan penurunan janin.
  • Korioamniotis atau infeksi pada selaput ketuban janin yang terlambat didiagnosa dapat memperpanjang waktu proses persalinan
  • Proses persalinan yang melelahkan, dan ibu kekurangan energy, tentu juga menjadi salah satu dari factor Power ini.

Kekuatan Kontraksi otot uterus/ Rahim yang bisa menimbulkan pembukaan/ dilatasi saat persalinan adalah sekitar 15 mmHg. Sedangkan komtraksi rata rata pada saat persalinan adalah 60mmHg. Ketika tekanan atau kontraksi di Rahim kurang dari 15 mmHg, maka proses dilatasi pasti ikut terganggu.

  1. Passage Way

Passage way artinya jalan lahir, yaitu panggul. Dan ketika kita bicara dan membahas tentang panggul, berarti kita juga harus membahas tentang bentuk panggulnya, otot, ligament, fascia dan sendi tulang panggul itu sendiri. Bagaimana pergerakannya dan bagaimana mekanismenya saat persalinan itu terjadi. Ketika ada ketidak selarasan pada panggul baik itu bentuk dan pergerakannya, tentua ini akan mempengaruhi lama atau tidaknya proses persalinan.

  1. Passanger

Passanger artinya penumpang atau si janin itu sendiri. Jika penumpangnya ideal baik berat dan posisinya, tentu ini tidak akan menjadi masalah, lain halnya jika janin di dalam kandungan terlalu kecil, terlalu besar, jumlah lebih dari satu, maka akan lain ceritanya bukan?

 

  1. Position

Saya selalu bilang bahwa POSISI menentukan PRESTASI

Baik itu posisi ibu saat proses persalinan berlangsung maupun posisi janin saat persalinan terjadi.

Nah karena ada banyak sekali factor yang bisa menyebabkan persalinan macet dan persalinan lama, maka Solusi yang bisa saya berikan untuk kasus ini adalah:

  1. Tenang & Nafas
  2. Rehidrasi
  3. Seimbangkan & Selaraskan
  4. Beri tambahan ruang / Creating Space
  5. Goyang & bergeraklah
  6. Manfaatkan gaya Gravitasi

Nah supaya Anda bisa lebih memahami detail pembahasan nya, saya akan tuliskan sebuah kasus yang pernah terjadi di klinik bidankita. Mari kita analisa dan pelajari kasusnya: