Studi Kasus:

Seorang ibu hamil (Ny D) asal JOGJA, G1 (Hamil pertama) dengan umur kehamilan 40+3 minggu, jam 19:00 WIB datang ke klinik bidankita dengan riwayat kontraksi palsu dan pembukaan 1 cm selama 4 hari. Dengan detak jantung janin normal (janin sejahtera) dan ketuban masih utuh. Kontraksi yang terjadi selama 4 hari tersebut tidak ada kemajuan (karakter kontraksinya: ringan, tidak intens, irregular, kadang di sertai flek, kadang tidak, kontraksi hanya di rasakan di perut bagian bawah saja, tanpa ada sensasi menjalar ke pinggang) si ibu cukup terganggu tidurnya ketika kontraksi tersebut datang, namun masih bisa sesekali tidur, walaupun tidak nyenyak tidurnya (tidur ayam).

Ketika si ibu ini periksa ke provider lain, hampir semua provider yang didatangi langsung menjudge ibu ini, bahwa dia tidak bisa bersalin normal pervaginam dan minimal harus segera di induksi. Karena ibu ini ingin sekali merasakan persalinan yang normal alami pervaginam dan minim intervensi, maka dia “nekad” memutuskan untuk datang ke Klinik Bidan Kita (jarak 1-1,5 jam perjalanan) untuk konsultasi dan melakukan treatment.

Ketika datang ke klinik Bidan Kita, beberapa hal yang dilakukan adalah:

  • Relaksasi hypnobirthing, untuk memulihkan energinya karena tentu si ibu ini kurang tidur selama 4 hari, dan paling tidak membuat hati dan pikirannya nyaman dan tenang dulu. Ini penting karena hormone oksitosin tidak akan keluar apabila si ibu tegang, panic dan diliputi rasa takut dan kecemasan.
  • Homeophaty remedies; yaitu kali carb 200c ( Kali carbonicum) dan gelsemium.

Kali carb biasanya saya gunakan untuk persalinan lama dan persalinan macet serta janin dengan posisi posterior. Selain itu kali carb juga bantu untuk meringankan rasa kurang nyaman di pinggang yang dirasakan ibu saat kontraksi berlangsung.

Gelsemium, dalam persalinan gelsemium sangat bagus untuk membantu memaksimalkan fungsi otot uterus yang mungkin saja kelelahan. Selain itu gelsemiun juga sangat bermanfaat untuk ibu yang merasa nervous. Namun gelsemium ini bisa meningkatkan volume berkemih, dan ini bagus karena ketika si ibu menjaga kandung kemihnya tetap kosong, maka rahimnya akan berfungsi lebih baik.

  • Side Lying release sekitar 10-15 menit di tiap sisi, tehnik ini adalah tehnik yang cukup ajaib untuk membantu menyeimbangkan dan menselaraskan otot dan ligament pada panggul. sehingga ketika terjadi regangan lembut pada ligamen ligament panggulnya, maka ini aan membantu memberikan ruangan lebih luas untuk kepala bayi turun dan membuka jalan lahir.
  • Goyang panggul dengan Rebozo @5 menit sebanyak sekitar 20 kali, karena dengan dilakukan goyangan di panggulnya setelah si panggul di selaraskan , maka kepala janin akan mempunyai lebih banyak ruangan untuk melakukan maneuver maneuver lembut yang bisa membantunya memposisikan kepalanya di posisi yang optimal.
  • Therapy Moxa, yang di berikan di beberapa titik tertentu di tubuh ibu untuk merangsang munculnya hormone oksitosin silahkan lihat disini titiknya .

Setelah melakukan beberapa treatment di atas, ternyata “click”, kontraksi Rahim Ny D menjadi semakin intens dan dia mengalami kemajuan persalinan yang signifikan,  dan dalam waktu 2 jam ternyata serviksnya membuka 9 cm!