Apa penyebab SPD?
Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa sih saya merasakan keluhan ini? Kenapa saya?!”. lalu ketika Anda bercerita tentang keluhan Anda kepada orang lain, kadang jawaban mereka adalah= “sudahlah, dinikmati saja, memang harus begitu.” Dan di dalam hati Andapun sempat menggerutu. Karena memang rasanya kurang nyaman.

Coba kita ketahui apa saja penyebab SPD
Terkadang tidak ada penjelasan yang jelas untuk penyebab SPD. Biasanya itu adalah kombinasi dari beberapa faktor, termasuk:

1. perubahan aktivitas otot-otot di perut, panggul, pinggul dan otot dasar panggul, yang dapat menyebabkan sendi panggul menjadi kurang stabil.

2. Jatuh, kecelakaan, atau kelemahan sebelumnya yang telah merusak panggul atau pinggul Anda.

3. Hormon relaxin yang dilepaskan selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan kelonggaran ligamen dan otot di seluruh tubuh, membuat sendi tidak stabil.

4. kadang-kadang, posisi bayi dapat menghasilkan gejala yang berkaitan dengan SPD.

Nah apa saja sih yang meningkatkan resiko SPD ini?
1. berat badan berlebihan selama kehamilan
2. memiliki bayi besar atau bayi kembar
3. postur sehari hari yang buruk
4. aktivitas berat/ Anda memiliki pekerjaan fisik atau beban kerja yang berat
5. riwayat trauma pada panggul
6. Anda telah mengalami SPD pada kehamilan sebelumnya

Pengelolaan
Saat Anda crita tentang keluhan Anda kepada Dokter atau Bidan Anda, mungkin beliau akan mengatakan :, “Istirahatlah.” Yah, memang benar saat Anda mengalami SPD ada baiknya Anda perbanyak istirahat, namun apakah hanya cukup dengan istirahat, maka SD akan hilang? Tentu saja tidak!

Akan jauh lebih baik apabila Anda mendapatkan beberapa alternative solusi untuk membantu paling tidak meringankan gajala yang Anda rasakan dan tidak justru memperparah keluhan.


Ketika keluhan SPD anda rasakan begitu parah, maka:
1. dokter umum atau bidan Anda dapat merujuk Anda ke Fisioterapi untuk melakukan penilaian dan pemeriksaan pada sendi panggul Anda, diikuti oleh pengobatan (jika diperlukan) dan saran tentang cara mengelola kondisi Anda
2. dokter Anda bida memberikan pengobatan untuk menghilangkan rasa sakit.