Tantangan yang Akan Anda Hadapi Pada Masa Pemulihan Setelah Persalinan Cesar

Apabila Anda bersalin secara caesar, baik direncanakan maupun tidak, saat saat postpartum mungkin akan menjadi lebih menantang: Karena bagaimanapun juga, Anda tidak hanya harus merawat bayi Anda yang baru lahir, tapi juga luka bekas operasi di perut Anda. Pemulihan luka operasi caesar berbeda beda setiap ibu, namun berikut ini adalah gambaran yang akan Anda hadapi saat Anda dalam masa pemulihan.

Waktu Pemulihan Operasi Caesar

Dengan hadirnya bayi Anda yang baru lahir, Anda mungkin ingin pulih secepatnya. Namun, pemulihan setelah operasi caesar cukup memakan waktu. Secara umum, pemulihan total dari operasi caesar memakan waktu kurang lebih 6 minggu. Biasanya Anda akan merasakan sensasi terbakar di area jahitan saat Anda berada di rumah sakit (biasanya para ibu akan dirawat di rumah sakit untuk 2 sampai 4 hari setelah operasi caesar). Namun, saat Anda sudah dirumah sekalipun, masa pemulihan dapat menjadi rumit dan melelahkan secara fisik maupun mental: Disamping self-care, Anda perlu merawat bayi Anda yang baru lahir juga.

“Hormati dan hargai proses pemulihan diri Anda sendiri dan pastikan untuk mendapat pertolongan ketika Anda membutuhkan.”

 

Kegiatan Saat Masa Pemulihan Operasi Caesar

Berikut ini adalah hal hal yang akan dapat Anda lakukan pada masa pemulihan operasi caesar, dan ketika:

Menyusui

Anda bisa menyusui tepat siégera setelah Anda melahirkan atau saat Anda sudah merasa nyaman. Obat penghilang rasa sakit yang Anda terima selama operasi tidak akan mengganggu proses menyusui, tetapi menggendong bayi Anda akan menjadi lebih menantang setelah operasi caesar. Ketika Anda siap untuk menyusui bayi Anda, minta pendampingan dari perawat atau pasangan Anda. siapkan dan susun bantal yang dapat menyangga punggung Anda supaya dapat membuat proses menyusui menjadi lebih mudah dan nyaman, karena jika Anda menengangkan area perut, ini akan terasa menyakitkan, silahkan bereksperimen dengan berbagai posisi yang tidak akan menaruh banyak tekanan di luka operasi.

Berjalan

Anda tidak akan bisa berjalan mengelilingi ruangan sambil menimang nimang bayi Anda tepat setelah Anda melahirkan. Namun, Anda akan dapat beranjak dari tempat tidur dan berjalan jalan sehari setelahnya. Untuk beberapa ibu yang harus mengalami proses persalinan yang panjang sebelum operasi akan memerlukan waktu ekstra untuk mengembalikan tenaganya setelah operasi. Pada operasi cesar yang tidak rumit, beberapa pasien sudah dapat berjalan 12 sampai 15 jam setelah operasi. Mungkin pada awalnya akan menyakitkan. Namun berjalan merupakan hal yang penting untuk proses pemulihanluka operasi Anda: berjalan dapat membantu tubuh Anda untuk berfungsi seperti semula dan menghindarkan Anda dari berbagai komplikasi setelah operasi, seperti penyumbatan darah di kaki.