Sugesti adalah pengaruh yang dapat menggerakkan hati/pikiran orang Dalam hipnosis, sugesti diberikan dalam kondisi trance dan diharapkan akan dilaksanakan setelah subjek bangun dari kondisi itu.. Jadi yang disugestikan ke bawah sadar baru dilaksanakan setelah subjek sadar. Ini dinamakan post-hypnotic suggestion.

 

Contoh sugesti stage hypnosis: …..saat anda bangun nanti, anda lupa dengan angka 6……..bla…bla…bla. apa yang terjadi ? Benar. Setelah bangun subjek lupa dengan angka 6.

Contoh sugesti dalam hypno-birthing: saat anda bangun nanti, setiap kali anda merasakan gerakan alami atau gelombang rahim, anda langsung merasa nyaman dan nikmat.

Kata-kata yang perlu di hindari selama sesi hypnosis

“Coba, Sakit, Harus, Cemas, Kecemasan, Tidak”

  1. Kata NYERI/ SAKIT sebaiknya diganti dengan KETIDAKNYAMANAN
  2. Kata CEMAS sebaiknya diganti dengan TIDAK SANTAI
  3. Kata KECEMASAN sebaiknya diganti dengan KETIDAKSANTAIAN
  4. Kata COBA dan HARUS sebaiknya dihilangkan sepenuhnya dari sesi Hypnotherapy
  5. Kata TIDAK harus diganti dengan sugesti yang lebih positif

 

Afirmasi adalah Kalimat positif lengkap yang disusun sesuia dengan keinginan kita (mis.: kalau kita melakukan self hypnosis), bersifat spesifik dan mengandung harapan2/cita2 afirmasi yang disampaikan tidak dalam kondisi hipnosis hanyalah bersifat informasi belaka.. Tapi kalau disampaikan dalam keadaan hipnosis afirmasi tsb. merupakan media komunikasi kepada seluruh tubuh untuk melakukan sebuah perubahan yaitu dari kondisi sekarang ke kondisi yang diinginkan.

Contoh: Kondisi: Ingin Bersalin Nyaman

Afirmasi: Hari ini, saat ini, saya bahagia menuju proses bersalin yang nyaman dan indah. Saya selalu ingat akan nikmat Tuhan yang diberikan kepada saya juga janin saya.

Kondisi yang dirasakan: Saat anda merasakan bahwa anda ingin menuju ke kondisi bersalin dnegan nyaman,rasakan dan bayangkan bagaimana indahnya menjadi berhasil melahirkan dengan nyaman. Bayangkan bagaimana anda bisa bertemu dengan bayi anda dan anda merasa nikmat.

(Nah ini yang disebut VIVIVIKASI/ Pemantapan Niat)

Afirmasi adalah pernyataan positif yang menggambarkan situasi yang diinginkan, dan yang berulang kali, dalam rangka untuk mengesankan pikiran bawah sadar dan memicu ke tindakan positif. Untuk memastikan efektivitas afirmasi, mereka harus diulang dengan perhatian, keyakinan, dan keinginan.