Memompa ASI adalah salah satu tehnik yang harus diketahui ibu menyusui.Manfaat dari memompa sendiri bukan hanya untuk ibu bekerja yang harus mempunyai stok persediaan ASI saat bayinya ditinggal bekerja.tetapi juga bermanfaat pada awal-awal masa menyusui,dimana dimaksudkan untuk mengatasi kekurangan suplai ASI karena semakin sering ibu menyusui memompa,maka semakin banyak ASI yang diproduksi.Dan lebih baik lagi ibu menyusui memompa sesuai kebutuhan,bukan berdasarkan jadwal.

Memompa ASI i dapat dilakukan dengan breast pump/pompa ASI.

Pompa ASI  ada 2 jenisnya,yaitu:

1. Manual: dilakukan dengan tangan, harga breast pump manual lebih murah, kekuatan dan frekuensi juga ditentukan oleh pengguna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Elektrik: menggunakan baterai/listrik,dan dilengkapi dengan adaptor. Breast pump elektrik harganya lebih mahal dari manual, namun kekuatan memompa lebih besar dan lebih cepat. Selain itu dapat dilakukan pada dua payudara sekaligus .Penggunaan breast pump elektrik lebih dianjurkan pada saat produksi asi sangat sedikit.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang perlu diperhatikan saat memompa asi adalah kedua tangan harus bersih dan kering. Botol untuk menampung asi juga harus disterilkan terlebih dahulu dengan air panas. Setelah dipompa, wadah asi harus ditutup rapat, dan dimasukkan dalam termos es(untuk ibu bekerja), setelah tiba di rumah, baru dipindahkan ke dalam freezer, atau hangatkan jika akan diberikan pada bayi. Sebaiknya asi disimpan dalam botol-botol yang sekali minum untuk sang bayi, dan jika mengumpulkan asi dalam hari yang berbeda, tiap wadah diberi tanggal yang berbeda.