TIPS mempercepat Pemulihan Luka SC (Operasa Caesar)

Pulih dari operasi caesar, yang terencana atau tidak, bisa sulit dan memakan cukup banyak waktu. Memiliki bayi baru menyenangkan, tapi melelahkan. Menambahkan rasa sakit fisik dan gejolak emosi  dan kadang bisa membuat Anda merasa kewalahan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan dan membuat diri Anda lebih nyaman.

Minum, minum, minum

Salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk membantu pemulihan Anda adalah untuk tetap terhidrasi. Tanpa air yang cukup, tubuh Anda tidak akan dapat berfungsi secara efektif.  Minum air yang cukup sangat penting, terutama jika Anda menyusui. Kafein harus dihindari, karena akan “mengeringkan” Anda, tapi jus dan teh tanpa kafein akan membantu menjaga Anda tetap terehidrasi.

Jaga sayatan

Bekas Sayatan, mungkin akan menyakitkan, lebih sensitif, atau bahkan mati rasa. Setiap pengalaman wanita berbeda, tetapi jika ada sesuatu yang Anda rasa tidak tepat untuk Anda, hubungi dokter Anda. Komplikasi jarang terjadi, tetapi penting untuk mengikuti naluri Anda. Sebelum operasi caesar berlangsung, umumnya perawat akan mencukur bagian atas rambut kemaluan untuk mensterilkan area di mana sayatan akan dibuat. Setelah operasi, seperti rambut tumbuh kembali, dan Anda dapat saja merasa gatal sekali di bagian tersebut. Hal ini dapat diperburuk oleh kulit yang melipat di daerah tersebut. Untuk mengurangi gatal, cobalah meletakkan kain bersih di atas wilayah sayatan. Ini akan mencegah Anda untuk menggosok atau menggaruknya sehingga menimbulkan iritasi tambahan.

Keluhan lain yang umum adalah bau di sekitar daerah insisi. Pastikan untuk memeriksa dengan dokter jika ada bau busuk segeralah ke dokter, karena hal ini bisa menjadi tanda infeksi. Jika tidak ada infeksi, tapi sedikit bau yang tidak menyenangkan terus berlanjut, coba melakukan pengeringan daerah insisi setelah setiap mandi menggunakan hair dryer pada pengaturan suhu dingin rendah.

Dukungan atau bantuan saat menyusui

Apakah anda menyusui atau mengunakan bottlefeeding, memegang bayi dapat menyebabkan tekanan yang menyakitkan pada perut. Menggunakan bantal khusus untuk menyusui, dapat membantu dengan mendukung bayi di lengan Anda,

Jika Anda menyusui, menggendong bayi juga dapat mengurangi tekanan perut. Pastikan untuk mendukung punggung Anda dan bayi dengan menempatkan bantal di atas perut Anda juga. Ini denan alasan supaya kakinya si bayi tidak menyentuh atau menyenggol bahkan menendang bagian bekas sayatan operasi Anda. Pasangan anda atau orang yang mendukung dapat membantu dengan penempatan bantal untuk membuat Anda berada dalam posisi yang nyaman.

Konsumsilah Obat jika perlu

Banyak ibu baru yang ragu-ragu untuk mengambil obat penghilang rasa sakit yang dokter meresepkan mereka karena mereka khawatir tentang dampak obat ‘pada bayi mereka yang baru lahir. Hal ini penting untuk mendiskusikan dengan dokter Anda dan memahami efek samping dari semua resep. Setelah Anda merasa nyaman dengan resep Anda telah diberikan, Anda dapat merasa bebas untuk mengambil apa yang Anda telah diresepkan untuk menghilangkan rasa sakit. Sementara beberapa ibu tidak perlu resep obat penghilang rasa sakit ketika mereka meninggalkan rumah sakit, sebagian besar ibu masih terlalu sakit untuk tidak minum obat.

Tetapi nyaman dan santai penting dalam minggu-minggu awal. Rasa sakit akan mereda selama dua sampai enam minggu. Jika Anda kehabisan resep dan masih sakit, hubungi dokter Anda. Sering kali dia akan menuliskan ulang resep Anda sebagai diperlukan. Jika rasa sakit parah dan obat tidak membantu, hubungi dokter Anda segera.

Ada beberapa non-resep obat-obatan yang juga dapat meredakan beberapa minggu pertama. Jika Anda mengambil penghilang rasa sakit resep, pelembut feses/pencahar dapat menjadi sangat penting karena obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan sembelit, yang sangat tidak nyaman setelah melahirkan sesar.

Anda juga harus terus mengambil vitamin prenatal Anda, Selain itu, banyak telah menemukan bahwa menambahkan kualitas vitamin B-kompleks yang baik akan memberi mereka energi tambahan,

Terakhir, jika Anda diberi antibiotik IV selama operasi caesar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil makanan/minuman probiotik dengan setiap makan. Antibiotik, sementara mencegah infeksi, juga membunuh bakteri baik dalam saluran pencernaan Anda, yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh.

Bangun dan bergeraklah (Mobilisasi)

Salah satu, keluhan aneh namun hampir universal setelah melahirkan sesar, adalah sensasi bahwa organ-organ internal Anda serasa akan jatuh setiap kali Anda berdiri. Memegang bantal dan meletakkan di atas bagian tengah tubuh Anda dapat membantu melawan perasaan ini. Atau, beberapa dokter akan memberikan pengikat perut/korest/setagen.  Hal ini juga telah ditunjukkan untuk mempercepat pemulihan.

Agar pemulihan lebih cepat Anda harus mulai berjalan dan bergerak.

Banyak istirahat

Ini adalah rekomendasi tersulit bagi banyak ibu baru untuk diikuti. Ada bayi ingin minum setiap dua jam, teman-teman dan keluarga yang ingin mengunjungi, Meskipun demikian, Anda harus mendapatkan istirahat sebanyak yang Anda bisa. Jika Anda tidak tidur, Anda tidak akan sembuh.  Selama beberapa minggu pertama, cobalah untuk memiliki pembantu untuk membantu Anda Jangan merasa bersalah jika menerima bantuan yang ditawarkan orang lain kareb adalah hak setiap ibu baru.

Gangguan tidur yang tidak biasa. Jika rasa sakit sayatan mengganggu Anda ketika Anda berbaring terlentang, cobalah tidur sedikit ditinggikan, Jika Anda lebih suka berbaring miring, menggunakan banyak bantal di sekitar perut dan menyangga punggung untuk membuat diri Anda nyaman. Cobalah untuk menjernihkan pikiran dan tidak menonton jam. Dan tentu saja tidurlah saat bayi tidur. Hal ini dapat sulit, tetapi cobalah.

Berbicara dengan orang lain

Operasi SC bisa saja memang sengaja direncanakan tapi bisa juga dilakukan karena kondisi darurat. Dan ini biasanya akan membuat trauma emosional bagi ibu. Anda mungkin memiliki ide tertentu tentang bagaimana proses persalinan Anda dan Anda merencanakan untuk melahirkan normal, dan akhirnya terkejut dan kecewa ketika bedah caesar terjadi. Atau mungkin Anda senang dengan kelahiran itu sendiri, tapi merasa sedih dan tertekan, dan bahkan tidak tahu mengapa.

Itulah yang disebut “baby blues,” depresi pasca-melahirkan, atau trauma lahir, perempuan banyak yang tersisa merasa sedih dan kaget setelah kelahiran anak mereka. Pergolakan hormon dapat mengubah apa yang seharusnya menjadi saat yang menyenangkan dalam waktu sekejab berubah menjadi kebingungan dan penuh air mata. Berbicara dengan teman dan keluarga tentang perasaan Anda dapat membantu, atau Anda dapat mencari kelompok pendukung bagi ibu baru di daerah Anda. Ada juga berbagai kelompok online dimana ibu baru dapat bercerita, mengungkapkan perasaan dan merasa didukung.

Periode pemulihan adalah waktu yang cukup menimbulkan stres, apa pun metode persalinannya.  tetapi pada saat bayi Anda berusia enam minggu, Anda harus secara fisik siap untuk kembali ke kegiatan normal Anda.

Nah berikut ini berbagai pemulihan luka bekas SC

UMUR IBU 20 tahun, tinggi 163cm, BB 77 kg

 

small99

 

FOTO DIAMBIL 2 hari dan lebih dari enam bulan setelah operasi

Ini adalah operasi caesar pertama kali dilakukan di Inggris

IBU UMUR 25 tahun, TB 160cm, 73kg

small13-2

untuk mengetahui foto-foto luka bekas operasi SC Anda bisa melihat di

link: http://www.caesarean.org.uk/ScarPictures.html#group1

semoga bermanfaat

Salam Hangat

Bidan Kita