Tips: Ide yang baik untuk membantu di rumah sejak awal kehamilan. Mulailah mengambil alih tanggung jawab rumah tangga dan kegiatan sehari-hari lainnya seperti mencuci, membantu pasangan memasak, membersihkan rumah, dll.

Dengan cara ini, saat bayi lahir, maka ayah akan terbiasa melakukan tugas-tugas di rumah. Bisa juga dengan meminta bantuan kerabat selama bulan-bulan awal atau pembantu untuk menjaga agar rumah tetap bersih.

2. Ketidakmampuan menghabiskan waktu dengan bayi baru lahir. Ayah mungkin merasa sulit menghabiskan banyak waktu dengan bayi baru lahir saat mereka menginginkannya.

Tips: Saat ini, beberapa perusahaan menawarkan cuti untuk ayah baru. Manfaatkanlah itu. Atau cobalah mengambil pekerjaan paruh waktu atau “bekerja dari rumah” merupakan pilihan jalan keluar mengatasinya.

3. Beban keuangan. Bayi baru lahir tentunya membutuhkan seluruh hal yang harus dibeli. Mengambil pengasuh juga menambah biaya. Bisa saja Anda sudah memutuskan bahwa pasangan tidak akan bekerja selama 2 3 tahun dan Anda menjadi pencari nafkah tunggal. Tentunya ini akan menambah stres.

Tips: Perencanaan kapan harus punya bayi dan menjaga kesehatan membantu meringankan ketegangan ini.

4. Tidur terganggu.Ini tidak bisa dihindari selama periode awal kelahiran bayi. Bayi biasanya bagun 2 atau 3 kali di tengah malam dan ingin disusui atau ganti popok.

Tips: Ini bisa diatasi dengan tidur pada jam yang berbeda dengan pasangan. Contohnya, pasangan Anda bisa tidur di ruangan yang berbeda pukul 21.00 – 02.00, sementara Anda berada di kamar bayi siap dengan botol susu (ASI bisa dipompa terlebih dahulu kemudian dimasukkan dalam botol).

Kemudian, pukul 02.00 – 07.00 Anda bisa tidur di kamar lain, sementara pasangan dengan bayi di kamar. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, dan bisa beristirahat di pagi hari.

5. Tidak ada atau kurang waktu dengan pasangan. Bayi yang baru lahir menuntut banyak waktu dari kedua orangtuanya. Oleh karena itu, tidak dapat dihindari Anda tidak dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan.