d. Pembagian tugas malam. pada malam hari bayi biasanya akan terbangun 2-3 kali. untuk itu lebih bijaksana jika ayah dan bunda membuat kesepakatan menjaga bayi malam hari agar waktu istirahat ayah maupun bunda tetap terjaga.

e. Siap membantu pekerjaan rumah tangga. pasca melahirkan kondisi istri tentu masih sangat lemah. pekerjaan rumah tangga yang biasanya dilakukan tentu tak dapat dilaksanakan seperti biasanya. untuk itu pada masa seperti peran ayah untuk membantu sangat diperlukan.

f. Berbagi pengalaman dengan ayah lainnya. dengan berbagi dengan orang lain biasanya ilmu kita akan bertambah. karena cara penanganan bayi berbeda antar keluarga.

PASCA melahirkan, para ayah bisa membantu dengan cara:

Menelepon para saudara, teman untuk mengabarkan kelahiran sebaiknya siapkan daftar nama sebelum hari H agar tidak ada yang terlewatkan

Membuat foto lalu kirimkan via email kepada teman dan keluarga besar.

Mencatat saran dokter dan suster sebelum lupa, kelak anda akan terlalu lelah untuk mengingat itu kembali.

Menanyakan kondisi isteri anda kepada dokter kandungan dan kondisi anak anda kepada dokter anak.

Membatasi waktu kunjungan para tamu agar dapat beristirahat dan ingatkan kepada para tamu untuk mencuci tangan sebelum memegang bayi.

Pelajari cara memakai popok, memandikan, membedong dan membantu istri menyusui.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika anda pulang kerumah:

Pasang seprei ditempat tidur atau keranjang bayi.

Pasang dan siapkan meja ganti pakaiannya. Siapkan segala sesuatu yang anda perlukan, washlap, popok, kapas dan lain-lain. Tempatkan ditempat yang mudah dijangkau.

Siapkan lemari pakaian pertama bayi anda. Keluarkan semua pakaian bayi yang baru anda beli dari kemasannya, lepaskan semua label harga dan cuci dengan sabun cuci yang tidak mengandung bahan pemutih.

Lengkapi bahan-bahan makanan di lemari es. Satu atau dua minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran, buatlah makanan yang dapat dibekukan. Pastikan anda cukup banyak cadangan makanan, susu, mentega, telur, sereal, beras dan sebagainya. Dengan demikian anda akan makan dengan lebih baik, lebih murah dan terhindar dari perjalanan panik ke toko.