Ruangan Anda seperti berputar? Anda merasa seperti kehilangan keseimbangan dan tidak dapat berdiri? Jika Anda mengalaminya, kemungkinan Anda sedang mengalami vertigo saat kehamilan. Terkadang, vertigo juga dapat disertai dengan sensasi mual atau bahkan muntah. Sebagian besar waktu, vertigo yang Anda alami hanya akan bertahan selama beberapa detik, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa vertigo dapat bertahan sampai berjam-jam dan tentunya hal ini dapat menjadi sangat tidak menyenangkan dan mengganggu.

Saat Anda hamil, tubuh Anda mengalami banyak perubahan, dan beberapa perubahan itu dapat membuat Anda merasa pusing. Rasa pusing atau merasa seperti akan pingsan sangatlah umum terjadi dalam kehamilan, terutama pada trimester-trimester pertama. Kabar baiknya, rasa pusing ini seringkali dapat diatasi dan dihindari dengan beberapa perubahan gaya hidup. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai vertigo saat hamil. 

Apa penyebabnya?

Penyebab utama dari rasa pusing dalam kehamilan adalah karena meningkatnya hormon di tubuh Anda yang membuat pembuhuh darah Anda menjadi rileks dan melebar. Progesteron yang meningkat akan meningkatkan aliran darah ke bayi Anda, namun di waktu yang sama mengurangi aliran darah ke otak Anda. Kombinasi tekanan danrah rendah dan aliran darah rendah inilah yang membuat Anda menjadi pusing.

Rasa pusing juga dapat disebabkan oleh gula darah rendah yang mungkin akan terjadi saat tubuh Anda berusaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada di metabolisme Anda. Ibu hamil yang mempunyai anemia atau varises mungkin akan lebih rentan terkena vertigo daripada ibu hamil yang lain. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan vertigo/

Di trimester kedua, rasa pusing mungkin disebabkan oleh rahim Anda yang terus membesar untuk mengakomodasi bayi Anda mulai menekan pembuluh darah Anda. Selain itu, vertigo mungkin juga dapat muncul jika Anda sering tidur terlentang selama hamil. Hal ini terjadi karena saat Anda terlentang, berat badan bayi Anda akan menekan pembuluh vena cava, yangmana merupakan pembuluh darah yang berfungsi untuk membawa darah Anda dari tubuh Anda bagian bawah ke jantung Anda.