Ketika Anda bergerak, bayi Anda akan merasa tenang seakan digoyang goyang, sehingga si bayi biasanya akan rileks dan bahkan tertidur. Selain itu, calon ibu yang mengikuti latihan relaksasi seperti meditasi atau yoga mungkin juga akan menemukan bahwa bayi mereka lebih tenang dan tidak banyak bergerak. 

  1. Berapa banyak gerakan bayi dapat dirasakan per harinya?

Biasanya si kecil dapat bergeak 15-20 kali per hari, mengingat bahwa gerakan ini termasuk semua gerakan, tidak hanya tendangan. Namun semua bayi berbeda, dan begitu pula dalam hal gerakan. Beberapa bayi mungkin akan bergerak terus menerus, namun ada juga bayi yang tidur sepanjang hari dan hanya bergerak di saat saat tertentu.

Biasanya bayi tidur dan beristirahat di dalam rahim hingga 17 jam per hari. Selain itu jika Anda merupakan orang yang aktif dan sibuk, Anda terkadang tidak memperhatikan ketika bayi Anda bergerak. Sebagian besar ibu hamil akan menyadari bahwa gerakan bayi meningkat setelah waktu makan, setelah aktif beraktifitas, dan saat sore. Hal ini disebabkan karena bayi biasanya akan merespon terhadap perubahan kadar gula darah di tubuh Anda. 

  1. Kapan saya harus menghitung tendangan bayi?

Anda dapat mulai menghitung gerakan si kecil dari umur kehamilan 28 minggu. Pilihlah waktu dimana bayi Anda biasanya paling aktif, atau ketika Anda dapat beristirahat atau fokus. Kekonsistenan itu penting, jadi usahakan untuk memilih waktu yang sama setiap hari ketika Anda menghitung gerakan si kecil.

Ketika Anda sudah terbiasa mengamati gerakan si kecil, Anda akan mulai mengetahui apa pola yang normal untuk bayi Anda. Seiring dengan pertumbuhan si kecil, gerakan tersebut seharusnya tidak berkurang, namun bayi Anda akan mempunyai lebih sedikit ruang untuk bergerak sehingga sensasi gerakan mereka akan terasa berbeda.

  1. Bagaimana cara memeriksa gerakan bayi?

Mudah untuk melewatkan gerakan bayi Anda, apalagi bila Anda sangatlah sibuk dan aktif sepanjang hari. Namun, Anda dapat menghubungi provider Anda jika Anda merasa bahwa gerakan bayi Anda berkurang secara drastis.

Umumnya, Anda disarankan untuk duduk atau berbaring dengan nyaman atau miring ke kiri dengan bantal untuk mengganjal perut Anda. Amati dan catat berapa lama waktu yang bayi Anda perlukan untuk bergerak 10 kali.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan tau apa yang normal bagi bayi Anda dan Anda akan tahu kapan puncak gerakan bayi Anda terjadi. Jika ada perubahan dari apa yang biasanya normal bagi bayi Anda atau Anda tidak merasakan gerakan apapun selama 2 jam, hubungi provider Anda.

  1. Apakah gerakan bayi yang berkurang berarti ada sesuatu yang buruk?

Walaupun tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah, pengurangan gerakan bayi secara signifikan dapat menjadi indikator dari terjadinya fetal distress dari kurangnya nutrisi atau oksigen.