Berikut adalah beberapa poin penting untuk diingat tentang lilitan tali pusat di sekitar leher:

1. Bayi Anda tidak bernapas ketika masih berada di rahim Anda, dia mendapatkan oksigen dari tali pusatnya. Jadi jangan ngebayangin kalau lilitan berarti dia tercekik lehernya dan tak bisa bernafas karena bayi di dalam rahim belum bernafas menggunakan hidung atau paru-paru.

2. Ketika ibu sehat maka tali pusat akan sangat kuat, lentur dan super tahan lama.

panduan-audio-hypnofertility-ads

3. Bayi Anda memiliki banyak mekanisme pelindung dan Di dalam tali pusat bayi Anda pelindungnya adalah sesuatu yang disebut “Wharton Jelly.”

4. Wharton Jelly putih dan sangat tebal.

5. Jika Anda sehat, tali pusat bayi Anda akan memiliki banyak bahwa “Jelly” yang membantu tali pusat tidak terlalu ketat dan lebih lentur. Ini adalah alasan lain mengapa gizi seimbang sangat penting

6. Lilitan Tali pusat hampir tidak pernah menimbulkan masalah besar.

7. Dalam kebanyakan kasus, tidak perlu untuk memotong tali pusat dari sekitar leher bayi Anda sebelum ia lahir seluruhnya

8. Jika ada lilitan terlalu ketat, maka bidan/dokter harus segera membawa bayi dengan posisi mendekat dengan tubuh ibunya (jadi melengkung ke atas) sehingga memungkinkan tali pusat tidak putus.

9. Memotong tali pusat bayi Anda sebelum tubuhnya lahir seluruhnya ternyata dapat  “mencekik”-nya seperti memotong suplai oksigennya secara tiba-tiba, sehingga Bayi Anda mungkin memiliki masa transisi yang sulit.

10. Bayi yang gerakannya aktif dalam rahim biasanya memiliki tali pusat yang lebih panjang.

Lilitan tali pusat berarti bahwa Anda tidak akan memiliki prolaps tali yang merupakan darurat medis dan akan memerlukan tindakan SC

Daftar Pustaka:

Gary F Cunningham, etc. 2005. ” Obstetri Williams “. Jakarta : EGC. S. A Goeslan. 1990. ” Ilmu Kebidanan “. Jakarta : Balai Pustaka. Farrer Helen. 1999. ” Perawatan Maternitas “. Jakarta : EGC. Henderson, Christine. 2005. ” Konsep Kebidanan “. Jakarta : EGC. Salmah, etc. 2006. ” Asuhan Kebidanan Antenatal “. Jakarta : EGC. http://www.kompas.co.id/ver1/Kesehatan/17/085333.htm. Penulis : Evy Rachmawati. ” Keajaiban dari Darah Tali Pusat “.  Tabloid Ibu Anak. ” Mother And Baby “. Update : Monday, 07 Feb 2005 Pukul 14:10:00 WIB. Bari Abdul Saifuddin, Noroyono Wibowo. 2008. ” Plasenta, Tali Pusat, Selaput Janin dan Cairan Amnion “. Kuliah Obstetri Ginekologi. Jakarta : FKUI. Mochtar Rustam. 1998. ” Sinopsis Obsetri “. Jakarta : EGC. Verralls Sylvia. 1997. ” Anatomi & Fisiologi Terapan dalam Kebidanan “. Jakarta :EGC. Salmah, etc. 2006. ” Asuhan Kebidanan Antenatal “. Jakarta : EGC.