Ø Perhatikan kira-kira volume ASI yang diminum bayi yang bisa ibu mudah untuk menyendawakannya.

Ø Sendawakan bayi tidak hanya saat setelah minum. Pada bayi tertentu terkadang membutuhkan sendawa di antara 2 waktu minumnya. Caranya dengan no 1.

Ø Sejalan dengan bertambahnya usia bayi, biasanya akan lebih mudah disendawakan, bahkan ibu tidak perlu menepuknya

Beberapa kesalahan saat menyendawakan bayi :

panduan-audio-hypnofertility-ads

a. posisi dagu si bayi tidak lebih tinggi dari bahu ibu sehingga mulut dan hidung bayi bisa tertutup tubuh ibu.

b. posisi bayi kadang tidak lurus malah bengkok.

c. saat menepuk punggung terlalu lemah dan tempat yang ditepuk terlalu tinggi atau di bagian bahu/pundak, atau justru terlalu rendah yaitu di bagian bawah (bagian pantat).

d. ibu yang agak menggoyangkan bayinya kala bersendawa, sehingga membuat sendawa lama keluar.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang bayi bersendawa

1. Bagaimana saya bisa tahu apakah bayi saya perlu bersendawa?

Bayi Anda mungkin akan berhenti makan atau minum, menggeliat, gelisah atau rewel selama atau setelah makan atau minum jika dia perlu bersendawa. Berlawanan dengan kepercayaan umumnya bayi umumnya tidak menangis karena mereka harus bersendawa (tetapi mereka menangis untuk banyak alasan lainnya). Udara yang tertelan dalam perut bayi dapat memberikan sensasi kenyang, tetapi tidak menyebabkan rasa sakit.

Bayi menangis karena berbagai alasan, sebagian besar yang tidak ada hubungannya dengan ketidaknyamanan fisik. Seorang bayi yang baru lahir akan secara otomatis menekuk kakinya ketika dia merasa tertekan untuk alasan apapun dan ini bukan tanda sakit perut .

2. Berapa lama saya harus menyendawakan bayi saya?

Tidak ada waktu mengatur frame untuk bayi bersendawa dan tidak ada jumlah set bersendawa karena Setiap bayi berbeda.. Berapa lama Anda akan terus mencoba untuk bersendawa bayi Anda akan tergantung pada keadaan individual bayi Anda.

Orangtua umumnya menghabiskan terlalu banyak waktu bersendawa bayi mereka. Hal ini dapat mengakibatkan bayi Anda yang terus terjaga lebih lama dari dia harus, dan dengan berbuat demikian meningkatkan risiko menjadi terlalu lelah . Hal ini kemudian dapat menjadi sangat sulit untuk mengetahui apakah dia kemudian menangis karena gas (angin) atau kelelahan.