Apabila Anda mengalami pembengkaan payudara, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menanganinya:

  • Gunakan kompres hangat selama beberapa menit sebelum Anda menyusui untuk membat payudara Anda lebih lunak dan memudahkan si kecil untuk menempel di payudara Anda. Selain menggunakan kompres hangat, Anda juga dapat mengeluarkan ASI Anda dengan memeras payudara Anda menggunakan tangan sampai payudara Anda lebih lunak.
  • Cobalah untuk menyusui setiap 1,5 sampai 2 jam sekali di siang hari dan setiap 2-3 jam di malam hari. Biarkan si kecil menyusu di satu payudara sampai habis sebelum berpindah ke payudara satunya. Anda dapat mengetahui kapan waktu untuk berganti posisi ketika bayi Anda sudah tidak mengenyot atau ketika Anda sudah tidak mendengar si kecil menelan. Apabila si kecil tidak ingin menyusu atau Anda sedang jauh dari si kecil, pompalah ASI Anda ketika payudara Anda mulai terasa penuh.
  • Gunakan kompres es selama 15-20 menit di sela sela sesi menyusui untuk mendinginkan jaringan payudara yang radang dan mengurangi pembengkaan. Selain itu, kompres dingin juga dapat membantu menurunkan produksi ASI sehingga mengurangi pembengkaan payudara.
  • Menyapihlah secara perlahan

Bagaimana cara mencegahnya?

Kunci untuk mencegah pembengkaan payudara adalah dengan menjaga payudara Anda agar tidak terlalu penuh dan terus menyusui. Selain itu, pastikan bahwa si kecil menempel dengan benar pada saat menyusui untuk menghindari puting lecet. Apabila Anda harus berhenti menyusui, cobalah untuk melakukan penyapihan secara bertahap dan perlahan.

Knowledge is power~