Selama kehamilan, hubungi penyedia Anda jika rasa sakit dan mati rasa mengganggu tidur Anda atau rutinitas sehari-hari dan sebelum minum obat penghilang rasa sakit. Penyedia layanan Anda mungkin menyarankan mengenakan belat pergelangan tangan atau penjepit tangan, yang sering kali meredakan sindrom carpal tunnel. Menstabilkan pergelangan tangan dalam posisi netral (tidak tertekuk) dengan belat atau penahan yang sedikit melebarkan terowongan karpal.

Setelah melahirkan, gejala-gejala sindrom carpal tunnel mungkin berangsur-angsur hilang tanpa pengobatan karena pembengkakan akibat kehamilan mereda, tetapi mereka bisa bertahan lebih lama jika Anda menyusui.

Jika gejalanya menetap setelah bayi Anda lahir, atau jika gejala Anda parah (berarti Anda mengalami mati rasa, kelemahan otot, atau kehilangan sensasi), pastikan untuk menyebutkannya ke penyedia layanan kesehatan Anda di salah satu kunjungan nifas sehingga Anda bisa mendapatkan rujukan ke spesialis.

Dokter spesialis mungkin menyarankan menggunakan belat jika Anda tidak melakukannya dan minum obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen (yang tidak dianjurkan selama kehamilan). Jika perawatan ini tidak membantu, langkah selanjutnya mungkin suntikan kortison, terapi ultrasound, atau terapi fisik. Dalam kasus yang parah, pembedahan minor mungkin diperlukan untuk mengurangi tekanan pada saraf median Anda.

panduan-audio-hypnofertility-ads

setelah melahirkan

Saya melahirkan beberapa hari yang lalu, dan rasa sakit dan mati rasa di tangan dan jari saya selama kehamilan masih ada. Kapan keluhan  itu akan pergi?

Tergantung. Rasa sakit biasanya hilang secara bertahap ketika pembengkakan akibat kehamilan mereda. Jika tetap ada bahkan setelah pembengkakan sembuh, Anda mungkin perlu memakai belat pergelangan tangan atau memiliki prosedur bedah kecil untuk memperbaiki masalah.

Apa yang bisa saya lakukan untuk menghilangkan rasa sakit?

Penyedia Anda mungkin menyarankan suntikan kortison untuk membantu meringankan rasa sakit (aman untuk ibu menyusui), atau memakai belat pergelangan tangan, pengobatan yang telah terbukti bermanfaat bagi banyak orang dengan sindrom carpal tunnel.

Jika rasa sakit berlanjut, diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda pada pemeriksaan enam minggu pascakelahiran. Anda mungkin memerlukan prosedur bedah kecil untuk mengurangi tekanan pada saraf medianus, yang mengalir ke lengan Anda dan ke tangan Anda. Sebuah sayatan kecil dibuat di telapak tangan Anda sehingga dokter dapat memotong ligamentum karpal transversal, yang mendorong ke saraf median ketika terowongan karpal membengkak, mencegah saraf berfungsi dengan baik. Setelah potongan ligamen dibuat, tekanan berkurang, memungkinkan saraf median untuk melakukan tugasnya. Operasi ini tidak menyakitkan tetapi pemulihan bisa memakan waktu antara enam dan delapan minggu.