Beberapa hari setelah persalinan, Anda mungkin akan merasakan rasa nyeri yang seringkali terasa lebih intens dibanding rasa nyeri saat menstruasi. Di masa ini, Anda dapat menggunakan TENS untuk membantu Anda meringankan rasa sakit yang Anda rasakan dengan meletakkan sepasang elektroda di area perut bawah dan secara bertahap, naikkan intensitas unit TENS sampai dapat menyamai intensitas rasa sakit yang Anda rasakan. Namun, ingatlah untuk tidak menerapkan hal ini diatas luka sesar.

Hasil penelitian mengenai penggunaan TENS untuk mengurangi nyeri persalinan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departement of Obstetrics and Gynecology di Rabin Medical Center, diantara 104 wanita, Sebagian besar wanita (72% ibu yang belum pernah melahirkan sebelumnya dan 69% ibu yang telah melahirkan sebanyak dua kali atau lebih) beranggapan bahwa TENS cukup efektif untuk mengurangi rasa sakit selama persalinan. Sebagian besar dari mereka (67% ibu yang belum pernah melahirkan sebelumnya dan 60% ibu yang telah melahirkan sebanyak dua kali atau lebih) mempunyai respons positif atas penggunaan TENS di persalinan berikutnya. 65% dari ibu yang telah melahirkan sebanyak dua kali atau lebih beranggapan bahwa TENS sekurang-kurangnya sama efektifnya dengan metode penghilang rasa sakit yang pernah mereka gunakan sebelumnya. Selain itu, tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada detak jantung janin, Apgar score (ukuran untuk menilai kesehatan bayi yang baru saja lahir), dan pH darah tali pusat.

Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan TENS sebagai metode alternatif untuk mengurangi nyeri persalinan sangatlah efektif dan cukup aman karena tidak memiliki efek samping baik bagi ibu maupun bagi bayi.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Dimana saya dapat mendapatkan fasilitas TENS saat persalinan?

Untuk mendapatkan fasilitas TENS, Anda dapat datang ke fasilitas kesehatan atau fisioterapis yang berpengalaman dari umur persalinan ke-37 minggu. Anda juga dapat menghubungi admin Bidan Kita di 085100111884 atau mengunjungi Klinik Bidan Kita di JL. Piere Tendean no.20 RT 001 RW 007, Sikenong, Klaten, Jawa Tengah, dengan membuat janji temu sebelumnya dengan admin Bidan Kita.