Perempuan memiliki berbagai pendapat tentang persalinan dan melahirkan. Beberapa lebih suka alami, menunggu dan menikmati proses, sementara yang lain sangat cemas dan bersemangat serta tertertarik untuk induksi. Dalam generasi ibu saya dulu bahkan nenek saya, tidak jarang seorang wanita melahirkan pada usia kehamilan 42 atau bahkan 43 minggu. Namun Saat ini banyak dokter yang akan menginduksi dan bahkan mengharuskan induksi ketika umur kehamilan sudah mencapai 40 atau 41 minggu dan tanda persalinan belum juga ada. Jika Anda lebih memilih menunggu dan melihat proses, atau leher rahim Anda kurang baik/siap untuk induksi, dokter atau bidan akan memonitor Anda dan bayi dengan teliti. Anda mungkin akan dianjurkan untuk periksa Nosn Stress Tes (NST) di Rumah Sakit atau profil biofisik dilakukan sekali atau bahkan dua kali seminggu. Pada 42 minggu dokter Anda kemungkinan besar akan memilih untuk menginduksi terlepas dari apakah serviks Anda siap atau tidak.

2. Banyak istirahat.

Bulan terakhir dalam kehamilanmemang terasa lebih melelahkan. Anda tidak dapat tidur dengan baik karena ketidaknyamanan dan kecemasan tentang persalinan yang mulai mengusik hati dan pikiran. Ingatlah untuk terus minum vitamin prenatal Anda. Kurang tidur dan kelelahan bisa memicu suasana hati Anda menjadi tidak nyaman. Gunakan bantal yang nyaman di malam bahkan siang hari untuk membantu Anda tidur.

3. Selesaikan persiapan untuk bayi.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk menyelesaikan hal-hal yang Anda butuhkan untuk menyambut kehadiran bayi Anda. Cek lagi apa yang kurang, baik perlengkapan untuk melahirkan hingga kebutuhan bayi Anda. Termasuk Membeli CD pengantar tidur dan membeli kursi goyang dan diletakkan di dekat tempat tidur bayi untuk menggoyang-goyang untuk menenangkan bayi baru lahir.

4. Cobalah relaksasi dan meditasi.

Jika Anda belum pernah melakukan latihan relaksasi atau meditasi ini mungkin terdengar sedikit norak, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya. Membeli CD untuk pengantar relaksasi dan meditasi jika Anda tidak memiliki musik yang santai atau suara hujan atau debur ombak pantai. Cobalah napas dalam lambat santai dan atur nafas Anda untuk beberapa saat. Atau, Anda dapat membeli CD yang memberikan petunjuk khusus tentang latihan relaksasi hypnobirthing dan Anda bisa pesan di www.bidankita.com (https://www.bidankita.com/component/content/article/36-home/367-cd-hypnobirthing). Sekarang adalah waktu yang baik untuk berlatih relaksasi dan pernapasan agar Anda merasa tenang.

5. Lakukan Induksi Alami.

Ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk menginduksi persalinan secara alami. Makanan seperti nanas dan terong, minum teh Cinnamon yang terbuat dari kayu manis direndam dalam air panas adalah hal lain yang dapat Anda coba. kadang Dokter dan Bidan menganjurkan Anda untuk melakukan induksi dengan cara yang alami terlebih dahulu. Nah cara tersebut bisa Anda lihat di https://www.bidankita.com/joomla-license/natural-childbirth/191-cara-alami-untuk-menginduksi-persalinan

Periksa dengan dokter atau bidan sebelum mencoba apapun untuk menginduksi persalinan secara alami.

6. Periksa gerakan janin.

Hal ini sangat penting. Ada variasi tentang bagaimana untuk melacak jumlah tendangan janin , sehingga berbicara dengan dokter Anda tentang bagaimana melacak dan memonitor gerakan bayi Anda. Jika Anda melihat penurunan atau perubahan aktivitas bayi Anda hubungi dokter Anda.

Petunjuk: Tulis waktu mulai Anda & waktu berhenti. Buatlah kolom lalu Menandai dengan tanda x setiap kali Anda merasakan gerakan janin. Berhenti ketika Anda mencapai 10 gerakan. Namun sebagai dasar, ibu hamil harus bisa merasakan minimal 10 gerakan janin selama 12 jam (Metode Cardiff) atau 4 gerakan dalam 1 jam (metode Sardovsky). Jika Anda merasakan gerakan janin Anda kurang seperti yang disebutkan di atas, segera cek ke doktyer atau bidan terdekat.

Saat akan mengukur gerakan janin, usahakan ibu rileks, pilihlah jam-jam dimana ibu sering merasakan gerakan janin, biasanya saat malam hari, atau Anda dapat makan dan minum minuman manis terlebih dulu beberapa jam sebelumnya. Selama perhitungan berlangsung, usahakan gerakan yang dirasakan se alamiah mungkin, jangan sampai memaksakan bayi untuk bergerak.

Cara Mengukur Metode Cardiff (Count to Ten)