Nyeri dan sakit saat bersalin adalah ketakutan tersendiri bagi seorang ibu hamil.

nah ini ada 15 CARA UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT BERSALIN, semoga bermanfaat

1. Lupakan ketakutan Anda.

Ada hubungan antara rasa takut dan rasa sakit. Efisiensi dari otot rahim tergantung pada sistem Anda hormonal, peredaran darah, dan syaraf semua bekerja bersama-sama. Rasa Takut akan mengganggu keseimbangan ketiga sistem tersebut. Ketakutan dan kecemasan menyebabkan tubuh Anda untuk memproduksi hormon stres kelebihan yang menangkal hormon yang membantu tubuh Anda memproduksi untuk meningkatkan proses persalinan dan mengurangi ketidaknyamanan. Hal ini menyebabkan rasa sakit meningkat dan proses persalinan akan berlangsung lebih lama. Ketakutan juga menyebabkan reaksi fisiologis yang mengurangi aliran darah dan dengan demikian suplai oksigen ke rahim akan berkurang sehingga otot-otot rahim akan semakin kencang berkontraksi dan semakin sakit.

2. Cari Penyebab ketakutan Anda.

Cari tahu apa yang menyebabkan rasa takut anda, atau apa yang sebenarnya anda takutkan? Apakah Anda takut sakit, misalnya, telah memiliki pengalaman negatif dengan rasa sakit di masa lalu? Apakah anda takut mengalami bedah caesar atau takut jika nanti Anda dilakukan episiotomi? Apakah Anda takut bahwa Anda akan kehilangan kontrol di pertengahan persalinan? Apakah Anda memiliki ketakutan tentang masalah dengan bayi? Nah buatlah Daftar semua ketakutan Anda dan setiap menulis apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari rasa takut tersebut agar tidak menjadi kenyataan. Sadarilah juga bahwa beberapa cara yang dapat mengubah semuanya diluar kekuasaan Anda, tidak perlu khawatir tentang hal-hal yang tidak bisa berubah.

3. Cari Informasi Sebanyaknya tentang Kehamilan dan Persalinan.

Semakin banyak Anda tahu, semakin sedikit ketakutan Anda. Ingatlah bahwa setiap kehamilan dan persalinan itu unik sehingga antara ibu satu dengan ibu lainnya pasti pengalaman atau apa yang dirasakan akan berbeda. Ada sensasi (alias “sakit”) yang selalu akan terjadi antara kontraksi pertama hingga lahirnya bayi. Namun Jika Anda memahami apa yang terjadi dan mengapa, dan apa yang mungkin akan anda rasakan, maka Anda tidak akan terkejut. Memiliki rasa apa yang diharapkan – dan kapan akan berakhir – membantu ibu merasa yakin bahwa mereka dapat menangani dan menghadapi persalinan dan kelahiran. Kelas melahirkan yang baik dapat membantu Anda memahami apa yang terjadi dan mengapa terjadi. Tidak ada kelas yang dapat memberitahu Anda apa yang akan khusus anda rasakan, karena ini akan tergantung pada situasi tertentu pada setiap wanita dan kemampuan untuk bekerja sama dengan kekuatan persalinan dalam tubuh. Perempuan dengan mudah dapat terpengaruh dengan “rasa” yang dia rasakan saat persalinan. Beberapa dari mereka memutuskan untuk tidak menyukainya dan menolaknya sehingga rasa takut justru semakin menguasai dirinya dan akhirnya si ibu menyerah.