Afirmasi adalah “pernyataan pribadi positif yang memodifikasi keyakinan pribadi negatif dan harapan, dan memotivasi dan mempengaruhi kita ke arah yang baru” (D Jaffe dan C Scott).

 

Kunci untuk afirmasi yang efektif adalah:

1. Affirmasi harus ditulis / mengatakan dalam waktu sekarang, di sini dan sekarang.

Adalah penting bahwa Anda kata afirmasi Anda itu seolah-olah sudah terjadi.

Misalnya, afirmasi Anda dapat mulai dengan kata-kata berikut:

Ø Saya siap

Ø Saya terbuka untuk

Ø Sekarang saya

Ini sinyal bawah sadar Anda bahwa Anda siap untuk apa pun yang Anda ingin mulai terjadi sekarang. Jadi bawah sadar Anda bisa mulai bekerja pada sekarang dan tidak dalam beberapa masa depan yang samar-samar atau menegangkan.

Affirmasi adalah positif

Ini adalah fakta bahwa bawah sadar manusia tidak bisa mendengar kata negatif. Artinya, alam bawah sadar Anda tidak dapat mendengar “jangan” “tidak dapat” “tidak” “bukan”dan kata-kata negatif itu. Jadi, jika saat melakukan affirmasi Anda mengucapkan kata negatif di dalamnya, Anda mungkin mendapatkan hasil yang berlawanan.

Misalnya :

РPersalinan saya tidak sakit ̬ maka justru persalinan anda nanti sakit

(karena alam bawah sadar tidak bisa menerima kata tidak, sehingga bawah sadar Anda justru mengatakan Persalinan saya sakit)

2. Kalimat Affirmasi itu pendek/singkat, Jelas dan tegas serta punya niat yang kuat

 

3. Pengulangan, Pengulangan, Pengulangan

Kalimat Affirmasi harus selalu diulang-ulang-ulang tiap saat. Dengan pengulangan tersebut maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih cepat

4. Di Ucapkan dengan melibatkan emosi positif

Menggunakan /melibatkan emosional membuat afirmasi lebih cepat. Suatu kejadian atau bagian dari informasi yang disertai dengan respons emosional lebih mudah diingat. Pikirkan kembali kehidupan Anda sendiri, karena saya yakin anda bisa mengingat peristiwa traumatis atau bahagia sangat mudah, perasaan yang dihasilkan pada saat itu terekam dengan kuat waktu itu “tertancap” ke dalam memori atau bawah sadar.

5. Lakukan visualisasi

Itu sebabnya jika Anda melakukan afirmasi atau visualisasi gambar dalam warna, “mendengar” suara, melibatkan indra Anda untuk membuatnya seolah-olah menjadi nyata.