Tau gak alasannya kenapa kok saat proses kontraksi dan pembukaan persalinan biasanya bagian tubuh yang paling tidak nyaman adalah daerah bok*ng?

coba deh di inget inget bagi Anda yang sudah pernah melahirkan atau diinget inget cerita para ibu yang sudah melahirkan, pada saat kontraksi sudah intens, biasanya ini yang mereka inginkan:

bahkan di kelas kelas persiapan persalinan, biasanya tehnik tehnik ini di ajarkan di kelas:

saat kontraksi datang, hampir semua ibu otomatis langsung meremas bok*ng mereka dan POKOKNYA penginnya ya area itu di massage lah, di elus lah, di kompres lah atau dia apakan aja yang penting jadi nyaman.

nah saya akan jelaskan secara ilmiah ya? kok bisa begitu?

OTOT RAHIM

jadi gini, otot rahim adalah otot yang lebar, besar, kuat dan berlapis lapis.

Proses kontraksi adalah proses Menegang dan merileksnya (“berdenyut”) otot rahim.
ada tiga (3) lapis pada otot rahim.

Inner Layer

adalah lapisan dalam yang punya peranan inti dan luar biasa pada saat proses persalinan, dimana lapisan ini memiliki serat yang berputar seperti karet gelang. Tugas lapisan otot paling dalam ini  adalah menutup leher rahim dan “memegang” atau menjaga product kehamilan di dalam rahim.

Middle Layer

Lapisan tengahnya adalah otot polos. seperti kebanyakan organ lain.

Outer Layer

Kemudian Lapisan Luar adalah lapisan otot yang memiliki serat memanjang dari bawah dampai atas rahim. Serat ini memiliki tugas untuk menarik leher rahim supaya bisa terbuka. INI adalah lapisan otot yang paling meregang selama kontraksi. dan lapisan ini jugalah yang mendorong product kehamilan keluar.

jika di ilustrasikan, menjadi begini:

luar biasa ya cara kerjanya?!

jadi Inner Layer tugasnya nutup, sehingga membuat buah kehamilan tetep bertahan selama 40 minggu, sedangkan  outer layer tugasnya membuka pada saat proses persalinan.

Nah dalam proses persalinan, mari kita fokuskan perhatian  pada Lapisan Luar (outer layer). dan Untuk memahami bagaimana cara kerjanya, analoginya adalah, coba bayangkan lapisan otot ini seperti otot  bisep