Anemia saat kehamilan merupakan sesuatu yang sangat umum terjadi. Saat hamil, tubuh Anda memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda. Darah tambahan ini bertujuan untuk mendukung perkembangan bayi Anda. Jika Anda tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup, tubuh Anda mungkin tidak dapat memproduksi jumlah asupan sel darah merah yang cukup untuk memproduksi darah tambahan ini.

Tipe-tipe Anemia Saat Kehamilan

Anemia adalah salah satu penyakit yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Hal ini pastinya sangatlah menyebalkan karena akan membuat Anda merasa lemah dan lelah, apalagi jika tidak diobati, anemia dapat menjadi lebih parah dan menimbulkan beragam komplikasi. Lalu apa sih tipe tipe anemia yang dapat terjadi saat persalinan? Dan apasih penyebabnya?

  • Kekurangan zat besi:Anemia jenis ini merupakan jenis anemia yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Anemia karena kekurangan zat besi biasanya terjadi ketika tubuh Anda tidak mempunyai kadar zat besi yang cukup untuk memproduksi hemoglobin yang Anda perlukan. Hemoglobin sendiri merupakan suatu protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa dan mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Sehingga, dalam anemia jenis ini darah tidak dapat membawa jumlah oksigen yang cukup untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh.
  • Kekurangan asam folat:Asam folat merupakan vitamin yang biasanya terdapat di makanan tertentu. Vitamin ini berfungsi untuk memproduksi sel baru, termasuk sel darah merah. Ibu hamil akan membutuhkan lebih banyak asam folat karena tubuh juga harus memproduksi lebih banyak sel darah merah. Selain itu, kekurangan asam folat juga dapat meningkatkan resiko berat badan bayi rendah dan cacat lahir seperti neural tube abnormalities(spina bifida) yang merupakan cacat lahir bagain otak, tulang belakang, dan saraf tulang belakang.
  • Kekurangan vitamin B12: Tubuh Anda memerlukan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah. Ketika ibu hamil tidak mendapatkan jumlah vitamin B12 yang cukup, tubuhnya juga tidak dapat memproduksi jumlah sel darah merah yang diperlukan tubuhnya. Ibu hamil yang tidak mengkonsumsi daging merah, daging putih, produk olahan susu, dan telur lebih beresiko untuk terkena anemia jenis ini. Kekurangan vitamin B12 juga dapat meningkatkan resiko lahir seperti neural tube abnormalities(spina bifida) yang merupakan cacat lahir bagain otak, tulang belakang, dan saraf tulang belakang, dan dapat mengarah ke kelahiran prematur.

Gejala Anemia Saat Kehamilan