Bagaimana caranya melakukan endorphin massage ini?

Anda dapat mengikuti kelas ibu hamil di BidanKita

Fan your self with a small electric fan

Seringkali ibu bersalin merasakan gerah pada saat bersalin. Anda dapat gunakan kipas angin elektrik yang kecil untuk menghadirkan rasa nyaman.

Groan and moan (Mengerang) sebagai strategi koping

Mengerang saat anda merasakan kontraksi dapat anda lakukan sebagai nkoping pengalihan perhatian, selain itu dengan mengerang ini memungkinkan anda untuk menghindari mengejan sebelum waktunya.

Hypnobirthing

Hypno-birthing sangatlah efektif digunakan untuk menghadirkan rasa nyaman saat bersalin, dengan rajin melatih tehnik-tehnik di hypno-birthing sejak hamil akan membuat hasilnya lebih maksimal.

Imagine your baby moving down every contraction

Visuslisasi ini sangatlah penting dan ini merupakan salah satu tehnik dari hypno-birthing. Dengan membayangkan kepala janin anda turun disetiap ada kontraksi ini akan sangat membantu anda untuk memperlancar proses persalinan.

Joke with your partner & your midwife

Hilangkan ketegangan dan kekhawatiran dengan bercanda baik dengan pasangan, pendamping atau bahkan dengan dokter/ bidan yang merawat anda. Dengan demikian anda daopat menikmati proses persalinan dengan lebih santai dan bebas dari rasa tegang.

Kisses

Berciuman dengan pasangan anda dapat merangsang hormone endorphin dan oksitosin. Dengan demikian kontraksi rahim menjadi lebih efektif namun anda tetap merasa nyaman.

Listen to Music

Musik adalah sarana untuk membantu anda lebih rileks, dan tenang. Dengarkan music-musik relaksasi yang membuat anda merasa tenang. Dengan demikian maka prose persalinan anda akan lebih mudah.

Move around to make comfortable

Saat memasuki kala satu persalinan atau pembukaan jalan lahir, lakukan mobilisasi atau perpindahan posisi tubuh. Karena ini akan sangat membantu Anda mengurangi keluhan-keluhan yang anda rasakan selama itu. Yang terpenting adalah buat tubuh anda terasa nyaman.

Nestle Down in large pillow (Bersandar pada bantal yang besar)