Berbagai Pilihan Tuk Ubah Posisi Sungsang menjadi Letak Kepala

Dalam 1 bulan terakhir ini, ada beberapa ibu hamil yang datang ke Bidan Kita untuk berupaya mengatasi keluhannya yaitu posisi janin mereka yang SUNGSANG.

Rata rata dari mereka dengan umur kehamilan di atas 34 minggu yang menurut dokter yang merawat mereka, bahwa bisa dipastikan harus melahirkan melalui operasi sesar karena posisi sungsang tersebut, menurut mereka tidak mungkin bisa di perbaiki atau di koreksi.

Ada klien yang datang dari Klaten sendiri, namun banyak juga yang datang dari Jogja, Solo, Sukoharjo, Bolyolali, bahkan Temanggung.

Ada banyak alasan mengapa posisi bayi sungsang antara lain: alasan emosional, tali pusat yang pendek, adanya kelainan bentuk/anatomi pada rahim, ligamentum ibu yang terlalu ketat dan kuat atau torsi otot, subluxation tulang ibu, posisi penanaman plasenta , otot perut ibu yang terlalu ketat dan tegang, tingkat/volume cairan ketuban (berlebihan maupun terlalu sedikit), atau riwayat keluarga ibu dimana mempunyai riwayat sungsang. Dan semua bisa memainkan peran disini.

Pada jaman dahulu, sebelum tahun 80-an hingga 90-an, masih banyak ibu yang bisa melahirkan normal walaupun posisi bayinya sungsang. Namun saat ini sebagian besar dokter atau bidan yang dinas di rumah sakit akan menjadwalkan untuk melakukan operasi caesar pada umur kehamilan antara 37-39 minggu

Walaupun sebenarnya ada beberapa pilihan yang dapat Anda ambil ketika Anda mengalami kehamilan sungsang ini:

  1. Untuk memilih melakukan operasi caesar yang direncanakan
  2. Untuk berusaha mengubah posisi bayi yang sungsang menjadi letak kepala (vertex)
  3. Untuk mencari dan berdiskusi dengan tenaga kesehatan yang mampu dan mau memfasilitasi Anda untuk bisa melahirkan normal walaupun posisi bayi Anda sungsang.
  4. Untuk tetap menunggu hingga tanda persalinan ada sebelum memeriksa untuk melihat bagaimana perkembangannya apakah bayi masih sungang dan kemudia kembali memilih operasi caesar.

Nah karena saya adalah bidan maka saya selalu menganjurkan klien saya untuk Mencoba untuk Mengubah Posisi Bayi terlebih dahulu dengan melakukan berbagai cara dan upaya dan berikut ini ragam upayanya dan juga rasionalisasinya:, semoga bermanfaat bagi Anda: