Jangan pergi ke rumah sakit terlalu awal.

Cari tahu resiko dan keuntungan dari berbagai prosedur yang mungkin akan Anda hadapi di rumah sakit. Saat Anda dihadapkan oleh suatu prosedur, cari tahu mengapa prosedur itu digunakan dalam kasus Anda, apa efek jangka panjang dan jangka pendek untuk Anda dan bayi Anda, apa alternatif lain yang dapat diambil.

Ingatlah bahwa tidak ada yang mutlak. Jika Anda merasa ragu, percayai instingmu. Jangan takut untuk menegaskan diri. Bertanggung jawablah atas pilihan dan permintaan yang Anda buat.

Pikirkan Tentang Ini: Memilih Persalinan Cesar

Apakah seorang wanita mempunyai “hak” yang tidak dapat dicabut untuk memilih Cesarean Section (CS)? Sudah ada hukum yang jelas bahwa seorang individual mempunyai hak untuk menolak perawatan medis, tetapi hal itu tidak diikuti dengan kebalikannya bahwa seseorang juga mempunyai hak untuk meminta perawatan medis tanpa ada indikasi yang jelas.

Jika seorang wanita meminta untuk CS, tetapi ditolak karena tidak ada indikasi medis yang jelas, apakah hal itu berarti dia akan “dipaksa” untuk melahirkan secara normal? Kehamilan bukanlah suatu penyakit.

Sebagian besar ibu tidak memerlukan perawatan medis atau operasi saat kehamilan, persalinan, dan puerperiu (6 minggu setelah persalinan).

Persalinan secara normal adalah konsekuensi dari kehamilan, tahapan dimana seorang wanita dan pasangan seksualnya harus bertanggung jawab akan hal itu, bukan tenaga medis.

Marsen Wagner, MD

Alasan Lain untuk Memilih Persalinan Normal

Sebenarnya penelitian tidak diperlukan untuk “membuktikan” bahwa persalinan normal lebih sehat untuk ibu dan bayi. Namun, bagaimanapun juga, membaca mengenai berbagai alasan mengapa seorang ibu hamil harus melakukan apapun untuk menghindari operasi cesar, yang biasa disebut c-sections merupakan hal yang menarik.

Studi berikut menawarkan informasi yang berharga mengenai hubungan antara c-sections dengan bayi yang memiliki masalah pencernaan dan alegi. Studi ini mengamati 865 bayi sehat yang lahir dari orangtua yang memiliki riwayat alergi dalam jangka panjang.

Saat melahirkan, semua ibu diberikan rekomendasi nutrisi yang seragam, dan susu formula hanya diberikan jika menyusui tidak berlangsung dengan baik selama 4 bulan. Bayi ini dites saat berumur 12 bulan dan diperiksa apakah mempunyai alergi alergi yang umum termasik susu sapi, telur, dan kedelai.