Karena wanita dengan ovarium polikistik tidak berovulasi teratur, mereka tidak mendapatkan periode menstruasi yang teratur.

Resistensi insulin merupakan AKAR PENYEBAB PCOS

 

PCOS dan resistensi insulin

Sindrom ovarium polikistik adalah ketidakseimbangan hormon yang terkait dengan cara tubuh memproses insulin setelah itu telah diproduksi oleh pankreas untuk mengatur gula darah (glukosa). Insulin Resistance, merupakan penyebab yang mendasari PCOS, memiliki banyak faktor yang berkontribusi terhadap kehadirannya dalam tubuh. Pada intinya, lingkungan kita dan gaya hidup telah berevolusi terlalu cepat bagi tubuh kita untuk mengikuti.

Beberapa orang juga mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk Resistensi Insulin, sementara yang lain dapat menderita hal ini karena dipicu kondisi stres tinggi dan gaya hidup tidak sehat.

Seiring waktu, faktor di atas telah merusak kemampuan kompleks sel-sel tubuh untuk benar memanfaatkan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Proses ini menciptakan Insulin Resistance.

Resistensi insulin sangat mengurangi sensitivitas insulin sel, yang merusak pengolahan glukosa melalui dinding sel untuk dikonversi menjadi energi. Akibatnya, glukosa tetap dalam aliran darah, menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang dikirim ke hati. Sesampai di sana, gula diubah menjadi lemak dan disimpan melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Proses ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas.

Resistensi insulin juga dapat menyebabkan PCOS adalah dengan meningkatkan kadar insulin dalam aliran darah. Gaya hidup tidak sehat dan kondisi genetik dapat menyebabkan insulin pankreas overproducing. Kelebihan insulin ini merangsang ovarium untuk menghasilkan sejumlah besar hormon testosteron pria, yang dapat mencegah dari ovarium melepaskan telur setiap bulan, sehingga menyebabkan infertilitas. Tingginya kadar insulin juga meningkatkan konversi androgen (hormon pria) menjadi estrogen (hormon wanita), mengganggu keseimbangan antara dua dan memiliki efek langsung pada berat badan dan pembentukan folikel ovarium kistik atau kista.

Gejala sindrom ovarium polikistik

Gejala cenderung ringan pada awalnya. Anda mungkin hanya memiliki beberapa gejala. Gejala yang paling umum adalah:

a. Jerawat.