Metformin tersedia dalam tiga bentuk yang berbeda:

· Generik metformin HCl

· Glucophage (nama merek)

· Glucophage XR (nama merek)

Glucophage tersedia dalam 500 mg, 850 mg, atau 1.000 mg tablet. Dosis biasa adalah 850-1,000 mg dua kali sehari. Dosis yang aman maksimum dianggap 850 mg tiga kali sehari. Untuk meminimalkan marah GI atau diare, itu disarankan agar Anda mulai dengan dosis rendah dan bekerja dengan cara Anda sampai dosis yang dianjurkan.

Glucophage XR, versi extended-release dari Glucophage, memungkinkan Anda untuk mengambil hanya satu dosis sehari. Pelepasan lebih lambat dari long-acting Glucophage XR dapat membantu untuk mengurangi sakit perut yang mungkin terjadi dengan Glucophage biasa atau metformin.

Glucophage secara kimiawi identik dengan metformin generik, sehingga Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan metformin generik.

Manfaat Metformin (Glucophage)

. PENURUNAN kadar insulin, Testosteron, DAN GLUKOSA Cukup banyak penelitian menunjukkan Glucophage mengurangi tingkat insulin, testosteron dan glukosa – yang mengurangi jerawat, hirsutisme, obesitas perut, amenore dan gejala lainnya. Dalam satu penelitian yang dilakukan di Virginia Commonwealth University, 24 obesitas PCOS perempuan diberi metformin atau plasebo. Ke-11 wanita yang menerima metformin mengalami penurunan kadar insulin, yang memperlambat aktivitas enzim dalam ovarium yang merangsang kelebihan produksi testosteron. Akibatnya, kadar testosteron juga turun.

Glucophage muncul untuk melakukan hal yang sama untuk non-obesitas wanita PCOS, menurut sebuah studi dari University of Medical Sciences di Poznan, Polandia. Tiga puluh sembilan PCOS perempuan diberi Glucophage selama 12 minggu. Mereka memiliki perbaikan dalam insulin, testosteron hirsutisme, dan jerawat.

PENCEGAHAN ATAU PENUNDAAN DARI timbulnya diabetes.Glucophage dapat membantu untuk mencegah diabetes, menurut sebuah studi di George Washington University Dalam studi ini., 3234 non-diabetes dengan glukosa darah diberikan metformin, plasebo, atau rekomendasi gaya hidup. Kejadian diabetes dalam kelompok metformin adalah 31% lebih rendah dibandingkan pada kelompok plasebo.

KESEMPATAN PENINGKATAN DARI KEHAMILAN. Sebuah studi dari 48 wanita dengan PCOS dan infertilitas dilakukan di Baylor College of Medicine.Mereka pertama diberikan metformin dan 19 dari mereka kembali menstruasi dan menunjukkan indikasi ovulasi. Tapi 10 klomifen diperlukan (obat fertilitas) di samping metformin dalam rangka untuk menunjukkan bukti ovulasi. Dua puluh perempuan dari 48 (42%) menjadi hamil. Namun, 7 dari 20 keguguran.