Wasir ! Ughhh… ini adalah penyakit yang paling menyiksa dan menjengkelkan bagi banyak wanita. Dan ada banyak wanita yang akhirnya menderita wasir ketika mereka hamil apalagi melahirkan .

Adanya Perubahan hormonal yang berbeda memperlambat sistem pencernaan yang kemudian dapat menyebabkan sembelit – yang kemudian mengarah ke mengejan saat buang air besar . Belum lagi karena Anda saat hamil tua beratnya kandungan kadang menekan beberapa pembuluh darah besar di bawahnya sehingga sirkulasi darah tidak lancar termasuk membuat muncul wasir. Belum lagi kalau saat melahirkan, proses mengejan yang terlalu besar, dan lama seringkali meningkatkan tekanan di anus dan menyebabkan wasir.

Ahh..mungkin dipikiran Anda terbersit kalimat ini :

“duh penyakit yang memalukan, apalagi ketika membicarakannya di depan dokter. Dokternya laki laki lagi!”

Tapi kalau tidak dibicarakan, kok ya mengganggu banget yak?

Ya wis kita blak blakan aja dech ya…

Terus terang saya juga penderita wasir.

Sejak kecil malah, karena riwayatnya dari kecil saya tidak suka sayuran,. Saya suka sayur tuch belum genap 14 tahun belakangan ini. Itupun karena saya musti melatih anak saya untuk suka sayur, karena dia juga tidak suka sayur.

Sejak kecil saya tidak pernah bisa rutin buang air besar tiap pagi, sembelit menjadi makanan sehari hari. Sehingga waktu SMP pun rasanya saya sudah punya wasir. Cuman tidak mengganggu. Nah saat hamil keluhan itu semakin parah tapi karena akhirnya saya memaksakan diri untuk doyan sayur. Karena saat tidak hamil saja pencernaanku bermasalah apalagi pas hamil dimana ada perubahan hormonal, bisa di duga sembelit ku semakin menjadi donk, dan itu pasti akan memperparah wasirnya .

Setelah melahirkan wasirnya semakin lumayan, tapi karena typenya Internal (wasir bagian dalam) jadi tidak terlalu mengganggu selama wasirnya “bisa dimasukkan”

Cuman tetep saja tidak nyaman, nah bagaimana mengatasi supaya tidak semakin parah?

Selama ini saya selalu latihan nafas, selain untuk melatih para klien saya agar persalinannya lancar, latihan nafas terutama nafas perut membuat saya tidak perlu mengejan saat buang air besar sehingga wasir saya tidak semakin parah.