Sebelum Anda akan mengalami proses persalinan, Anda mungkin akan merasakan kontraksi palsu. Kontraksi ini juga disebut dengan kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi ini berfungsi sebagai semacam pemanasan bagi tubuh Anda sebelum Anda benar-benar memasuki proses persalinan. Namun, Anda perlu ingat bahwa kontraksi ini bukanlah tanda persalinan akan dimulai.

Apa penyebabnya?

Ada dua hal yang dapat mengakibatkan kontraksi palsu, yaitu dehidrasi dan stress. Rasa haus atau tekanan emosional dapat memicu timbulnya kontraksi ini. Namun, jika Anda mengalami kontraksi palsu dan hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman, bergeraklah atau lakukanlah kegiatan yang membuat Anda merasa nyaman dan rileks. Anda dapat berendam air hangat, tidur, mendengarkan musik, membaca, atau melakukan kegiatan lain yang dapat membuat Anda rileks. Kontraksi ini seringkali juga akan berhenti saat Anda berjalan, mengganti posisi atau berdiri.

Bagaimana cara membedakan kontraksi asli dengan kontraksi palsu?

Setelah mengetahui penyebab Braxton Hicks, lalu bagaimana cara membedakan kontraksi palsu dengan kontraksi asli? Berikut ini merupakan beberapa cara untuk membedakan antara kontraksi Braxton Hicks

Kapan saya harus menghubungi provider saya?

Anda dapat menghuungi provider Anda jika Anda merasa ragu atau kebingungan akan apa yang Anda alami. Jangan ragu untuk menghubungi dan bertanya kepada provider Anda kapan saja. Namun, Anda harus segera menghubungi provider Anda jika Anda  hal berikut ini terjadi pada Anda:

  • Pendarahan apapun. Anda harus segera menghubungi provider Anda jika vagina Anda mengeluarkan darah dalam bentuk apapun, baik flek ataupun yang lain. Hubungi provider Anda dan provider Anda akan mengatakan apakan hal tersebut aman atau tidak dan mereka akan memberi tahu Anda apa yang harus Anda lakukan.
  • Air ketuban pecah. Hubungilah provider Anda jika air ketuban Anda pecah atau ada cairan yang keluar terus menerus. Terkadang cairan yang keluar merupakan cairan vagina yang memang seringkali keluar saat Anda sedang hamil tua. Anda dapat memastikan cairan tersebut cairan vagina atau air ketuban dengan mulai membeli kertas lakmus (biasanya tersedia di apotek) saat Anda mulai memasuki trimester ketiga. Gunakan kertas lakmus itu jika vagina Anda mengeluarkan cairan, jika kertas tersebut berubah warna, maka cairan tersebut merupakan cairan ketuban. Jika cairan tersebut merupakan cairan ketuban, tetaplah tenang, hubungi provider Anda, dan konsumsi banyak cairan, mereka akan mengatakan apa yang harus Anda lakukan.
  • Kontraksi yang kuat setiap 5 menit selama 1 jam. Salah satu ciri ciri kontraksi asli adalah kontraksi yang terjadi secara teratur. Amatilah jika Anda mengalami kontraksi dan jika kontraksi tersebut sudah mulai teratur dan cukup intens, hubungilah provider Anda. Bagitu pula jika Anda mengalami kontraksi yang sangat kuat sampai Anda merasa kesulitan untuk “melewatinya”.
  • Pergerakan yang cukup signifikan pada bayi Anda, atau jika Anda merasakan kurang dari 10 pergerakan setiap 2 jam
  • Kontraksi asli sebelum Anda mencapai umur kehamilan 37 minggu. Hubungi provider Anda jika Anda merasakan tanda-tanda terjadinya kontraksi asli sebelum Anda mencapai umur kehamilan 37 minggu.