Monosodium glutamat adalah aditif makanan kontroversial. Karena zat ini memang memiliki potensi menyebabkan reaksi alergi dan kepekaan pada beberapa orang. Tidak ada jawaban yang jelas mengenai keamanan monosodium glutamat pada wanita hamil.

 

Apakah MSG?

Monosodium glutamat, juga dikenal sebagai MSG, adalah zat aditif yang digunakan untuk meningkatkan rasa makanan yang berbeda. Makanan olahan dan dikemas dibeli di toko-toko kelontong mungkin mengandung substansi ini. Makanan cepat saji dan makanan Cina sering juga ditambahkan MSG. Ada kontroversi seputar penggunaan MSG, dan untuk alasan ini perusahaan diharuskan untuk memasukkan monosodium glutamat pada label produk.

Menurut MayoClinic.com, MSG dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu. Sakit kepala adalah reaksi umum untuk MSG pada banyak orang yang sensitif terhadap zat aditif ini. Gejala lain dapat termasuk berkeringat, nyeri dada, mual, denyut jantung yang cepat dan mati rasa atau kesemutan pada wajah dan leher. Lori Wolfe, seorang konselor genetik dengan BabyCenter.com, mencatat MSG yang belum terbukti memiliki efek buruk pada bayi yang belum lahir.

Ketika Alergi terjadi

Jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap MSG sebelum hamil, disarankan agar Anda menghindari semua makanan yang mengandung aditif selama kehamilan Anda. FamilyEducation.com menjelaskan bahwa seorang yang sensitivit atau alergi terhadap MSG selama kehamilan mungkin mengalami peningkatan tekanan darah atau diare. University of Maryland Medical Center merekomendasikan bahwa ibu hamil dengan riwayat pribadi atau keluarga dari setiap alergi makanan harus menghindari zat tersebut sebanyak mungkin selama kehamilan.

Pertimbangan

Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin sensitif atau alergi terhadap MSG, konsultasikan dengan dokter Anda. Selama kehamilan, makanlah makanan yang penuh dengan buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein penting untuk kesehatan yang optimal dan perkembangan bayi Anda. Mengganti makanan olahan yang mungkin mengandung MSG dengan makanan sehat dapat membantu memastikan bahwa Anda menerima vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat, sementara mencegah reaksi alergi yang mungkin terjadi dari MSG. Setiap wanita hamil adalah berbeda, jadi konsultasikan dengan dokter untuk membuat rencana gizi yang tepat untuk Anda, apakah mengandung atau tidak mengandung MSG.