Ketikakehamilan berlangsung dan bayi terus tumbuh, ruang yang tersedia dalam rahim sehingga mengurangi sedikit ruang bagi bayi untuk bergerak. Kepala bayi akhirnya menjadi lebih berat dan turun ke bawah dan dalam keadaan normal sekitar 32 minggu kehamilan kepala bayi berada di bawah, masuk ke dalam panggul dan melakukan persiapan untuk kelahiran.

 

Presentasi Sungsang:

Antara 29-32 minggu 15% dari semua bayi akan berada dalam posisi sungsang. Ini berarti bahwa lutut pantat atau kaki bayi berada di bawah, pada dasarnya siap untuk keluar terlebih dahulu. Hanya 3-4% dari presentasi ini akan tetap berada dalam posisi ini sampai persalinan.

Presentasi sungsang tersebut dianggap normal pada kehamilan prematur dan umumnya tidak terdiagnosa medis sampai beberapa minggu terakhir kehamilan.

Kapan presentasi sungsang menjadi masalah?

Semakin lama bayi berada dalam posisi sungsang dengan kondisi ruangan rahim yang menjadi lebih sempit, maka semakin kecil kemungkinan akan mengubah posisi atas kemauannya sendiri.

kelahiran pervagina untuk bayi sungsang ini jarang terjadi,  Kebanyakan dokter merekomendasikan kelahiran caesaran untuk bayi sungsang. Walaupun sebenarnya presentasi sungsang dapat dilahirnakn secara spontan pervaginam.

Obat untuk situasi ini adalah menemukan cara yang efektif untuk mengubah bayi dengan cepat dan aman ke posisi kepala dibawah.

Apa itu moxibustion?

Moxibustion adalah pengobatan tradisional china yang diterapkan menggunakan ramuan Cina disebut Moxa (Artemisia argyi), umumnya dikenal sebagai ‘mugwort’. Untuk pemakaian luar Moxa dikompresi dan digulung menjadi sebuah tongkat herbal berbentuk cerutu. Tongkat moxa kemudian menyala dan diadakan selama titik akupunktur. Panas radiasi yang dihasilkan memiliki efek merangsang titik tersebut sehingga dapat membantu memutar posisi janin ke posisi normal. Beberapa praktisi akan menggunakan “Moxa”,

Bagaimana moxa digunakan untuk memutar bayi sungsang?

Temukan titik-titik akupunktur yang tepat. Titik akupunktur UB 67 adalah titik utama yang dipilih untuk digunakan karena itu adalah titik yang paling dinamis untuk mengaktifkan rahim dalam mengubah malpositioned bayi.