“Tak perlu Khawatir apabila Bayi Anda sungsang! Masih ada kesempatan hingga 75% untuk memperbaikinya dan mengupayakan agar posisi bayi Anda beralih keposisi yang tepat. Lakukan Sekarang segera. Mengapa menunggu?”

Kehamilan Sungsang

Kehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas sehingga pada saat persalinan normal, pantat atau kaki si bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal. Kehamilan sungsang didiagnosis melalui bantuan ultrasonografi (USG) dan palpasi.

 

Kehamilan sungsang dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain kelahiran kembar, cairan amniotik yang berlebihan, hidrosefalus, anencefaly, ari-ari yang pendek dan kelainan rahim.

Sekitar 3-4% bayi berada dalam posisi ini ketika lahir. Dalam persalinan prematur, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang lebih tinggi. Pada umur kehamilan 28 minggu, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang adalah 25%. Angka tersebut akan turun seiring dengan umur kehamilan mendekati 40 minggu.

Dalam Bulan Maret dan April 2012 ini di Bidan Kita ada sekitar 6 klien yang datang dengan posisi sungsang, dengan umur kehamilan lebih dari 28 minggu, bahkan klien teakhir saya di bulan ini dengan umur kehamilan 39 minggu. Beberapa klien berasal dari luar kota, dan mereka datang ke Bidan Kita sebagian besar atas rekomendasi dari teman, saudara atau berkat membaca artikel di website saya tentang bagaimana cara mengubah bayi sungsang menjadi normal di:

http://www.bidankita.com/cara-mengubah-bayi-sungsang-menjadi-letak-kepala/

dan ketika datang ke Bidan Kita, biasanya saya melakukan beberapa cara dan salah satunya adalah dengan menggunakan Moxibution yang dipadu dengan relaksasi hypnobirthing. Karena saya adalah praktisi dan pelatih hypnobirthing, maka saya selalu menggunakan hypnobirthing untuk membatu mengkoreksi posisi janin.

Mengapa Hypnobirthing?

Ketika seorang ibu didiagnosa sungsang oleh dokter atau bidan yang memeriksa seringkali ibu tersebut dilanda ketakutan, kecemasan dan kekhawatiran yang tinggi terhadap kesejahteraan janin terutama terhadap proses persalinan nanti. Dan hal ini akan sangat tidak baik bagi ibu maupun bayinya.