PUPPS yang dimaksud disini bukanlah buang air besar ataupun anak anjing. PUPPS merupakan singkatan dari Puritic Uritical Papules and Plaques of Pregnancy. Terdengar rumit memang, singkatnya PUPPS adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada saat persalinan berupa ruam di perut. Ruam ini dapat menyebabkan iritasi, rasa gatal dan bahkan terkadang sampai terasa menyakitkan hingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi sang ibu.

PUPPS biasanya terjadi di trimester ketiga atau setelah 35 minggu. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa kondisi ini bisa datang lebih awal. Walaupun kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan, berita baiknya adalah kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi. Kondisi ini biasanya hilang dengan sendirinya, bahkan ada beberapa ibu yang bilang bahwa kondisi ini akan menghilang setelah melahirkan, namun hal ini bukan berarti tidak dapat mengobatinya.

PUPPS tidak berhubungan dengan preeklamsia, kecacatan janin, penyakit autoimun, atau komplikasi hormonal. Selain itu, kondisi kulit yang satu ini tidaklah menular, jadi Anda masih dapat bebas berpelukan dengan anak atau pasangan Anda.

Apa Gejalanya?

Rasa gatal adalah bagian terburuk dari PUPPS. Selain bercak-bercak atau garis merah yang menyebabkan rasa gatal di area perut, berikut ini adalah tanda dan gejala lain yang harus Anda perhatikan:

  • Stretch marks, yang mana merupakan gejala paling awal
  • Ruam yang terasa sangat gatal
  • Bercak merah atau adanya area kulit yang menjadi kemerahan
  • Eksim seperti lesi
  • Rasa gatal dan bercak merah dimulai dari area perut dan lalu menyebar
  • Lecet

PUPPS dimulai dengan bentol-bentol kecil yang gatal dan lama-kelamaan akan mulai memerah. Pada awalnya mungkin mereka akan terlihat seperti stretch marks di area perut dan semakin lama stretch marks tersebut akan meluas ke daerah lain seperti dada, tangan, ketiak, dan punggung. Namun bagaimanapun juga, PUPPS tidak menyebar ke wajah, telapak tangan, telapak kaki, dan juga pusar.

Apa Penyebabnya?

Penyebab utama dari PUPPS belum diketahui. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil dapat terkena PUPPS karena alasan berikut: 

  1. Perut yang meregang

Membawa beban tambahan di perut Anda dapat memberikan tekanan di jaringan ikat yang ada di perut Anda. Tekanan semacam ini dapat menyebabkan timbulnya stretch marks dan nantinya dapat menimbulkan pembengkaan yang dapat berlanjut menjadi PUPPS di perut Anda.

  1. Sel janin yang bermigrasi

Saat berada di dalam kandungan, sel janin Anda akan bermigrasi di tubuh Anda, termasuk di kulit Anda. Terkadang, saat sel tersebut ada dalam jumlah yang banyak, sistem pertahanan di kulit Anda akan menganggap sel tersebut sebagai sel asing yang berbahaya. Hal ini akan memicu terjadinya reaksi pertahanan di tubuh Anda dan menyebabkan timbulnya PUPPS. Migrasi sel ini seringkali terjadi di janin laki-laki. Penelitian menemukan bahwa 60% sampai 70% wanita yang mengalami PUPPS mempunyai DNA laki-laki di ruam kulitnya.

  1. Adanya organ yang terbebani

Hati Anda adalah organ yang berfungsi untuk membersihkan tubuh Anda dan menyaring racun racun yang ada di tubuh Anda. Ada teori yang mengungkapkan bahwa saat persalinan, hati Anda dapat terbebani dengan jumlah racun yang terlalu banyak. Hal ini ditandai dengan adanya perubahan warna kulit dan adanya ruam.