Sebut saja Bunda Bunga (*nama disamarkan), beliau adalah klien saya yang sangat istimewa. Kenapa istimewa? YA, karena melalui beliau saya harus belajar untuk lebih sabar lagi dan memperbaiki diri serta memperbaiki program kelas saya.

Bunda Bunga adalah Calon ibu, hamil pertama dimana menurut pengakuannya, dia sangat takut untuk melahirkan normal, karena dia takut sakit. Sejak awal kehamilannya, dia sudah merencanakan untuk melahirkan secara operas sesar dengan alasan TAKUT itu tadi. Namun karena suaminya berharap dan membujuknya supaya dia mau mencoba mengupayakan melahirkan normal dahulu, maka bunda Bunga tersebut mulai browsing dan mencari solusi, lalu bertemulah bunda Bunga ini dengan saya. Mengikuti Yoga setiap minggu, mengikuti kelas gentle birth balance dimana ada program hypnobirthing di dalamnya, hingga akhirnya beliau bertekad untuk melahirkan normal alami. Dengan keyakinan bahwa di tempat bu Yesie melahirkan tidak sakit!

_MG_2641

Di kelas saya, saya selalu menekankan bahwa gentle birth dan hypnobirthing adalah filosofi, dimana seorang ibu di harapkan dapat kembali menemukan kekuatan dan keyakinan di dalam dirinya bahwa tubuh seorang wanita sudah di desain sedemikian rupa oleh Tuhan untuk melahirkan secara normal alami, dan mulai memberdayakan diri dengan melakukan swa sugesti kepada dirinya agar tenang dan nyaman selama menjalani proses persalinan.

Dan di kelas saya selalu mengungkapkan bahwa rasa sakit itu sangat relatif dan berbeda setiap orang, walaupun demikian rasa sakit dapat sangat diminimalkan jika seorang ibu mau berlatih dan berlatih untuk tetap rileks dan fokus pada nafas (tidak panik_)

Namun mungkin apa yang saya terangkan saat bunda Bunga masih belum bisa mereka pahami dengan baik. Sehingga mereka hanya mengandalkan tiga kali pertemuan saja tanpa benar benar rajin melakukan dan mengerjakan PR yang saya berikan, mulai dari latihan kontrol nafas, hingga latihan relaksasi dengan baik.

Singkat cerita, suatu hari Bunda Bunga memaksa untuk tinggal di Bidan Kita karena sudah mengalami tanda-tanda persalinan, karena beberapa kali saya anjurkan untuk pulang kembali karena masih fase laten (pembukaan 1) dan serviksnya masih sangat tebal serta kontraksi belum intens, sehingga jika dia tinggal di Bidan Kita, bisa saja justru menambah tingkat stres nya. Dan saat mulai stay di klinik, pembukaan bunda Bunga adalah sekitar 2 cm dengan kontraksi yang masih sangat jarang. Saat itu saya hanya berpesan untuk tidak stres dan anggap seperti sedang liburan karena prosesnya masih butuh waktu dan kesabaran.