Si Hormon Cinta, si ahlinya Bonding

IMG_7039+

Memasuki bulan februari, bulan yang penuh dengan cinta, kali ini saya akan membahas tentang si hormon cinta yaitu hormon oksitosin.

 

Oksitosin adalah hormon yang diproduksi dalam tubuh manusia saat melahirkan dan menyusui. Tapi ada yang lebih Anda harus tahu tentang hal itu. Oksitosin memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai aspek perilaku manusia: ikatan manusia, orgasme, mencintai seseorang serta perilaku ibu. Ini adalah alasan mengapa hormon ini biasanya disebut sebagai hormon cinta dan hormon ikatan/bonding. Dan Ini adalah penangkal dari hormon stres – adrenalin dan kortisol – dan berhasil dapat melawan efek merusak mereka.

 

Hormon ini juga dikenal untuk mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan pada waktu yang sama. Adapun jantung, pompa vital tubuh manusia, oksitosin dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi kita terhadap berbagai macam penyakit jantung. Semua dalam semua, orang yang otaknya mengeluarkan jumlah yang lebih tinggi oksitosin hidup lebih lama dan memiliki hidup yang lebih berkualitas.

Ada banyak kegiatan yang dapat menghasilkan oksitosin lebih dalam otak Anda. Latihan fisik, pijat, meditasi dan yoga, atau melakukan hobi Anda, merawat hewan peliharaan semua dapat memiliki efek yang sangat positif pada pengelolaan hormon ini dalam tubuh. Selain itu, hubungan intim juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kadar hormon cinta pada waktu yang sama. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda untuk meningkatkan kadar hormon cinta ini:

1. Untuk memulai, cobalah memahami orang di sekitar Anda lebih intim. Sadarilah kebutuhan mereka dan belajar untuk mendengarkan pikiran dan perasaan mereka. Hal ini akan menciptakan ikatan kuat antara Anda dan orang-orang di sekitar Anda dan akan meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan anggota keluarga, teman dan rekan kerja.

2. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaan cinta Anda kepada orang yang hidup di antara Anda. Senyum, sentuhan yang ramah, pelukan atau gerakan yang menunjukkan kepada orang-orang yang kita sayangi dapat meningkatkan jumlah oksitosin dalam tubuh kita. Menjadi hangat dan penuh kasih serta menunjukkan kepada mereka betapa Anda peduli.