Saat duduk, selalu ganjal punggung Anda dengan bantal Ini untuk menjaga tubuh Anda tetap stabil dan menjaga supaya Anda tetap duduk tegak dan duduk di atas tulang duduk. Hangan duduk di atas tulang ekor.

Dengan menaruh bantal di belakang punggung, ini akan membuatmu tetap nyaman saat Anda butuh untuk istirahat dan bersandar kebelakang. Lupakan High heels Anda harus menyembunyikan ini di lemari ketika Anda hamil. Jangan pernah berpikir untuk memakainya, meskipun mereka masih merasa nyaman untuk Anda.

Tubuh Anda TIDAK dirancang untuk berjalan di high heels. Jangan menumpangkan kaki Anda ke kaki satunya Karena ini pasti akan semakin tidak menyeimbangkan panggul Anda Dindari bersepeda dulu ya Supaya pererakan di symphysis pubis tidak terlalu banyak Kompres es Kompres es selama 15 menit di area symphysis yang sakit akan membuat tulang kemaluan Anda lebih nyaman Gunakan bengkung atau maternity belt Ini akan sangat membantu untuk sejenak “mengambil” beban yang tertumpu pada Symphisis Anda Kuatkan Otot dasar panggulmu Latihan kegel dan pose yoga yang ditujukan untuk menguatkan otot dasar panggul akan sangat bermanfaat untuk Anda

 

Apa yang dilakukan saat proses persalinan bagi penderita SPD?
ibu dengan SPD dapat melahirkan normal pervagina. Beerapa ibu khawatir bahwa rasa sakit akan lebih buruk jika mereka harus melalui persalinan, tetapi ini tidak terjadi ketika Anda melakukan perawatan yang baik untuk melindungi sendi panggul dari ketegangan dan trauma lebih lanjut.

Selama proses persalinan
1. Gunakan gravitasi untuk membantu bayi bergerak ke bawah dengan tetap tegak: berlutut, merangkak, berdiri. Posisi ini dapat membantu kemajuan persalinan dan menghindari ketegangan lebih lanjut pada panggul Anda.
2. Cobalah untuk menghindari berbaring telentang atau duduk di tempat tidur karena posisi ini mengurangi pembukaan panggul dan dapat memperlambat persalinan.
3. Posisi jongkok dan tempat persalinan mungkin posisi yang tidak nyaman untuk persalinan.

Perawatan SPD harus tuntas lho! Tidak selesai hanya sampai proses persalinan, namun justru hingga proses menyusui selesai, karena INGAT, hormone relaksin masih di produksi dengan jumlah yang banyak saat Anda menyusui. Dan baru akan stabis sekitar 9 bulan setelah menyusui berakhir. Jadi harus di rawat dengan sebaik mungkin.