Ini selalu menyebabkan stres. Sebelumnya, Anda menggunakan waktu untuk membahas segala sesuatu dengan pasangan, sekarang, tidak ada waktu lagi bagi pasangan Anda untuk mendengarkan.

Tips: Percayakan perawatan bayi kepada kerabat atau pengasuh (mungkin 3 – 4 jam dalam seminggu) untuk mencuri waktu beberapa saat jauh dari rumah. Rencanakan makan malam pribadi atau sebuah perjalanan, saat Anda bisa berbicara dengan pasangan.

Jika Anda tidak bisa mempercayakan bayi kepada siapa pun, maka ini adalah ide yang baik untuk mengajarkan kemandirian pada bayi. Biarkan bayi tidur di ruang yang terpisah dari orangtua sejak awal. Dengan cara ini  Anda dan pasangan bisa berada di ruangan lain dengan tetap menjaga bayi melalui audio atau video monitor.

6. Tanpa seks. Bulan pertama atau kedua tanpa seks (sesuai saran dokter) bisa menimbulkan stres pada beberapa ayah baru. Apalagi, pasangan Anda sangat lelah dengan kegiatan merawat bayi sehingga ia hanya memikirkan tidur ketika melihat tempat tidur.

Tips: Bersabarlah. Biarkan pasangan Anda keluar dulu dari gejolak fisik dan emosional pasca melahirkan. Memotivasi untuk berbicara dengannya apa yang dirasakannya. Peluklah pasangan, mungkin ini membantu menenangkannya.

Beberapa tips lain yang membantu Anda mengatasi stres pada periode ini:

a. Tanamkan perasaan enjoy. nikmatilah kesibukan yang anda alami saat-saat minggu pertama menyambut kehadiran buat hati. tanamkan dalam diri anda jika masa-masa indah saat ini tak kan terulang ketika si kecil sudah tumbuh besar dan bisa melakukan semuanya sendiri.

b. Be positive. peran ayah adalah membangun suasana hati istri menjadi prouktif menghasilkan ASI. hal ini karena proses menyusui merupakan proses emosional. jadi bunda perlu istirahat cukup, makanan yang cukup, serta dalam keadaan rileks dan nyaman untuk produktif menghasilkan ASI.

c. Manjakan istri. melahirkan merupakan proses traumatik bagi istri serta pasca melahirkan istri masih harus mengurus sang bayi. maka ada baiknya anda memanjakan istri anda yang telah berjuang untuk buah hati anda. jika hubungan intim belum bisa dilakukan, pelukan dan ciuman bisa menjadi pengganti.