Apakah istri Anda sedang hamil? Di masa masa ini, Istri Anda memang mempunyai peran yang sangat penting untuk menumbuhkan dan membawa manusia baru kedunia. Namun, ternyata peran Anda tidak kalah penting lho, seperti memberi dukungan, menyediakan tempat untuk bersandar dan berkeluh kesah, dan tentunya menyediakan makanan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat pasangan Anda sedang hamil.

  1. Bersabarlah

Terkadang, kehamilan dapat menjadi sangat menyebalkan. Istri Anda mungkin akan merasa terlalu mual untuk memakan masakan yang Anda masak, terlalu lelah untuk melakukan apapun, ditambah lagi moodswings yang dapat datang setiap saat. Seiring dengan adanya perubahan hormon yang ada di tubuh istri Anda, istri Anda mungkin juga akan menjadi lebih mudah marah karena hal-hal sepele. Di saat-saat ini, cobalah untuk bersabar dan mengerti.

  1. Dengarkan istri Anda

Ketika istri Anda sedang menceritakan apa yang membuatnya sebal atau menceritakan segala kekhawatirannya, dengarkanlah. Singkirkanlah smartphone Anda dan curahkanlah perhatian Anda pada istri Anda 100%. Berikan dia tempat untuk bersandar, menangis, dan berkeluh kesah. Berilah istri Anda dukungan dan hiburan saat ia memerlukannya. 

  1. Baca dan cari tahu mengenai kehamilan dan persalinan

Salah satu kalimat yang seringkali saya ucapkan adalah “Knowledge is power”, dan ada banyak cara untuk mendapatkan pengetahuan tersebut dari mulai membaca buku, artikel, hingga mengikuti kelas-kelas persiapan persalinan. Cobalah untuk menjadi lebih aktif dalam mencari informasi-informasi mengenai kehamilan, persalinan, dan bagaimana cara untuk melahirkan dengan nyaman serta minim trauma sehingga Anda dapat menjadi lebih siap. Anda juga dapat membantu, memberitahu, memacu, dan mengajari istri Anda sehingga istri Anda juga dapat memberdayakan diri sehingga istri Anda dapat mempunyai pengalaman persalinan yang positif dan minim trauma. 

  1. Berikan pujian

Di masa kehamilan, banyak wanita yang merasa khawatir akan perubahan yang terjadi dalam tubuhnya dan menjadi kurang percaya diri. Mungkin istri Anda merasa khawatir akan stretch marks yang muncul, tentang berat badan yang meningkat, atau merasa tidak secantik sebelumnya. Di masa-masa seperti ini, berikan dia pujian. Beritahu istri Anda bahwa ia terlihat cantik dan pastikan bahwa ia tahu seberapa besar Anda mencintainya. 

  1. Bantulah dengan pekerjaan rumah

Kehamilan dapat menjadi melelahkan. Mungkin Anda mulai mengamati bahwa istri Anda menjadi lebih mudah lelah dan langsung terlelap setelah ia bekerja atau beraktivitas. Di saat seperti ini, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu istri Anda, dan tempat terbaik untuk memulainya adalah di rumah Anda. Cobalah untuk lebih terlibat dan bantulah istri Anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah, bahkan tanpa disuruh. Pastikan bahwa istri Anda mempunyai kesempatan untuk beristirahat setiap hari. 

  1. Ubah gaya hidup Anda

Segera setelah istri Anda mengetahui bahwa ia hamil, mungkin istri Anda akan mencoba untuk mengubah gaya hidupnya. Mungkin ia menjadi beralih mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan mulai melakukan olahraga secara teratur. Di saat seperti ini, bantulah istri Anda dengan mulai merubah gaya hidup Anda juga. Jika Anda adalah perokok, saat saat seperti ini adalah saat yang sempurna untuk berhenti merokok, selain untuk menjadi lebih sehat, hal ini akan sangat membantu Anda untuk menyediakan lingkungan tanpa asap rokok ketika si kecil lahir. Ikuti dan bantu istri Anda untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, temani istri Anda untuk berolahraga, bahkan Anda juga dapat memacu dan membantu istri Anda untuk berolahraga. 

  1. Temani istri Anda

Cara terbaik untuk mendukung isri Anda selama kehamilan adalah dengan berada di sisinya, tidak hanya secara fisik tapi juga secara emosional. Pergilah untuk melakukan pemeriksaan rutin bersamanya, temani istri Anda ketika ia memutuskan untuk mengikuti kelas persiapan persalinan, dan apapun yang ingin dia lakukan untuk mempersiapkan lahirnya si buah hati. Luangkan waktu untuk duduk bersama dan berbicara dengan istri Anda dan bayi Anda. Bacalah buku bersamanya, temani istri Anda melakukan relaksasi, berolahraga, dan melakukan visualisasi Bersama sama. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda untuk merasa lebih terhubung dan terlibat dalam perjalanan hadirnya si kecil ke dunia. Selain itu hal ini juga merupakan cara bagi istri Anda untuk melihat seberapa siap Anda untuk menjadi seorang ayah dan mengetahui bahwa Anda akan mencintai bayi yang ada di kandungannya dan mencintainya sebagai seorang ibu ketika saatnya tiba. 

  1. Pijat istri Anda

Saat istri Anda hamil, bersiaplah untuk mengasah kemampuan Anda dalam hal pijat-memijat. Perubahan yang ada dalam tubuh istri Anda di masa-masa kehamilan terkadang dapat membuat istri Anda merasa tidak nyaman. Di saat-saat inilah Anda dapat memijat istri Anda untuk membuat bagian-bagian tubuh yang terasa tidak nyaman menjadi lebih baik. Selain di masa kehamilan, Anda juga dapat menawarkan pijatan kepada istri Anda di sela sela kontraksi sehingga istri Anda dapat merasa lebih nyaman. 

  1. Berliburlah

Walau setelah bertambahnya anggota keluarga Anda kehidupan Anda dan istri Anda akan menjadi lebih kaya dan menyenangkan dari sebelumnya, namun kehidupan Anda tidak akan sama seperti sebelumnya. Inilah waktu yang sempurna untuk membuat kenangan baru bersama istri Anda. Berliburlah dan pergilah bersama istri Anda seperti saat masa-masa berpacaran. Lakukan apapun yang Anda inginkan bersama istri Anda. Selain untuk membuat kenangan baru bersama istri Anda, dengan berlibur istri Anda juga dapat melupakan semua kekhawatirannya untuk sementara waktu dan keluar dari rutinitas sehari hari sehingga menjadi lebih rileks.