ü Jangan menarik bayi karena hal ini akan berdampak bahu semakin tertahan. Ini adalah kesalahan yang paling umum orang membuat karena mereka panik.

ü Traksi dapat menyebabkan cedera pleksus brakialis pada bayi (lihat film di atas).

ü Jangan memotong tali pusat jika sudah di sekitar leher bayi. Karena tali pusat yang utuh masih ada kemungkinan bayi menerima oksigen yang memberi Anda lebih banyak waktu dan membantu dengan melakukan resusitasi sesudahnya.

panduan-audio-hypnofertility-ads

ü Berkomunikasi dengan ibu . Anda selalu punya waktu untuk menjelaskan apa yang terjadi dan mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan, atau meminta dia untuk melakukan sesuatu.

Berikut adalah video yang menggambarkan mengapa menarik bayi keluar ketika terjadi distosia bahu adalah praktik yang buruk:

{youtubejw}OD88c9dbiZg{/youtubejw}

 

 

Dalam manajemen penatalaksanaan ditosia bahu juga harus memperhatikan kondisi ibu dan janin. Syarat-syarat agar dapat dilakukan tindakan untuk menangani distosia bahu adalah :

1. Kondisi vital ibu cukup memadai sehingga dapat bekerjasama untuk menyelesaikan persalinan

2. Masih mampu untuk mengejan

3. Jalan lahir dan pintu bawah panggul memadai untuk akomodasi tubuh bayi

4. Bayi masih hidup atau diharapkan dapat bertahan hidup

5. Bukan monstrum atau kelainan congenital yang menghalangi keluarnya bayi

Karena distosia bahu tidak dapat diramalkan, pelaku praktik obstetric harus mengetahui betul prinsip-prinsip penatalaksanaan penyulit.

Kita semua masih dalam tahapan belajar dan menyimpan informasi berbeda. Sebagai seorang bidan, trainer dan dosen saya mengajar dua pendekatan berbeda untuk alasan yang berbeda dalam penanganan distosia bahu:

HELPERR – PENDEKATAN STANDAR

Dalam kasus HELPERR:

H Call For Help

E Evaluate For Episiotomy

L Leg: Mc Robert Manuver

P External Pressure Suprapubic

E Enter: Rotation Manuver

R Remove The Posterior Arm

R Roll The Patient To Her Hand and Knees

Dalam pendekatan ini E pertama adalah untuk ‘mengevaluasi melakukan episiotomi’ – namun ini jarang sekali dilakukan pada prakteknya di lapangan. Pertama, Anda harus sangat berani untuk mencoba menempatkan/meletakkan gunting sedemikian rupa di ruang yang sangat sempit di samping kepala bayi / wajah. Kedua, Anda benar-benar perlu untuk meletakkan tangan kiri anda untuk melindungi kepala dan wajah bayi dari gunting. Dalam management HELPERR masih ada beberapa kelemahan.