Gejala-gejala yang paling umum dari scoliosis adalah suatu lekukan yang tidak normal dari spine. Seringkali ini adalah suatu perubahan yang ringan dan mungkin pertama kali diperhatikan oleh seorang teman atau anggota keluarga. Ia dapat juga ditemukan pada suatu pengujian penyaringan sekolah yang rutin untuk scoliosis. Mereka yang terpengaruh mungkin mencatat bahwa pakaian-pakaian mereka tidak cocok seperti yang mereka lakukan sebelumnya atau bahwa celana-celana panjang adalah lebih panjang pada satu sisi daripada yang lainnya.

Scoliosis mungkin menyebabkan kepala nampaknya bergeser dari tengah atau satu pinggul atau pundak lebih tinggi daripada sisi berlawanannya. Jika scoliosis adalah lebih parah, ia dapat membuatnya lebih sulit untuk jantung dan paru-paru untuk bekerja dengan baik. Ini dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri dada.

Pada kebanyakan kasus-kasus, scoliosis adalah tidak menyakitkan, Pada tahap awal scoliosis tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga si penderita cenderung tidak menyadarinya. Bahkan orang tua pun dapat tidak menyadarinya, karena pada kondisi tahap awal kelainan tersebut tidak terlalu terlihat. Namun ada tipe-tipe tertentu dari scoliosis yang dapat menyebabkan sakit punggung. Rasa sakit mulai terasa setelah mencapai tingkatan kerusakan yang cukup parah, dimana bahu akan terlihat tinggi sebelah, tonjolan tulang belikat yang tidak sama atau pinggul yang tidak sama. Pada keadaan ini, baisanya derajat pembengkokan kurva pada tulang belakang lebih dari 30 derajat. Scoliosis pada umumnya menyerang pada masa pertumbuhan anak diusia 10-14 tahun , baik pada remaja perumpuan atau laki-laki.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Deteksi dini pada scoliosis dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan fisik dilihat dari tulang belakang si anak. Bebaskan anak dari pakaian, posisi orang tua tepat dibelakang anak, perintahkan anak untuk membungkukkan badan secara perlahan-lahan dari posisi berdiri tegak. Kemudian paerhatikan bagian tulang punggung anak, antara lain :

  1. posisi kedua bahu simetris atau asimetris
  2. posisi tulang belikat adakah salah satu sisi yang menonjol ke luar
  3. raba tulang punggung anak apakah dalam garis lurus atau tidak
  4. posisi panggul simetris atau asimetris

jika setelah hasil pemeriksaan didapati ciri-ciri diatas segeralah berkonsultasi dengan dokter atau fisioterapi yang lebih mengerti akan keadaan tersebut, untuk mendapatkan penanganan dan latihan yang lebih lanjut, sehingga keadaan scoliosis akan cepat terkoreksi.