– Pemeriksaan panggul. Dokter Anda mungkin ingin memeriksa untuk melihat apakah ovarium Anda membesar atau bengkak oleh peningkatan jumlah kista kecil.

– Tes darah. Dokter mungkin memeriksa tingkat hormon androgen dan glukosa (gula) dalam darah Anda.

– USG vagina (USG). Dokter mungkin melakukan tes yang menggunakan gelombang suara untuk mengambil gambar dari area pinggul. Ini dapat digunakan untuk memeriksa ovarium Anda untuk kista dan memeriksa endometrium (lapisan rahim). Lapisan ini dapat menjadi tebal jika menstruasi anda tidak teratur.

 

panduan-audio-hypnofertility-ads

Bagaimana PCOS diobati?

Karena tidak ada obat untuk PCOS, perlu dikelola untuk mencegah masalah. Tujuan pengobatan didasarkan pada gejala anda, apakah Anda ingin menjadi hamil, dan menurunkan kesempatan Anda untuk mendapatkan penyakit jantung dan diabetes. Banyak wanita akan memerlukan kombinasi perawatan untuk memenuhi tujuan ini. Beberapa pengobatan untuk PCOS antara lain:

– Modifikasi gaya hidup. Banyak wanita dengan PCOS kelebihan berat badan atau obesitas, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Anda dapat membantu mengelola PCOS Anda dengan makan sehat dan berolahraga untuk menjaga berat badan pada tingkat yang sehat. Tips-tips makan sehat meliputi:

  1.  Membatasi makanan olahan dan makanan dengan gula tambah
  2.  Menambahkan lebih banyak produk gandum utuh, buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak untuk diet Anda
  3. Hal ini membantu untuk menurunkan glukosa darah (gula) tingkat, meningkatkan penggunaan tubuh insulin, dan menormalkan kadar hormon dalam tubuh Anda. Bahkan kehilangan 10 persen berat badan dapat mengembalikan periode normal dan membuat siklus Anda lebih teratur.
  4. obat Diabetes.  obat metformin (Glucophage) digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Ini juga telah ditemukan untuk membantu dengan gejala PCOS, meskipun tidak disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk penggunaan ini. Metformin mempengaruhi cara kontrol insulin glukosa darah (gula) dan menurunkan produksi testosteron. Hal ini memperlambat pertumbuhan rambut abnormal dan, setelah beberapa bulan penggunaan, dapat membantu ovulasi kembali. Penelitian terbaru menunjukkan metformin memiliki efek positif lain, seperti massa badan menurun dan kadar kolesterol baik. Metformin tidak menyebabkan seseorang menjadi penderita diabetes.
  5. obat Kesuburan. Gangguan pada ovulasi biasanya alasan untuk masalah kesuburan pada wanita dengan PCOS. Beberapa obat yang merangsang ovulasi dapat membantu wanita dengan PCOS menjadi hamil. Meski begitu, alasan lain untuk infertilitas baik wanita dan pria harus disingkirkan sebelum obat kesuburan yang digunakan. Juga, beberapa obat kesuburan meningkatkan risiko kelahiran kembar (kembar, kembar tiga). Pilihan pengobatan termasuk:
  6. Clomiphene (Clomid, Serophene) – terapi pilihan pertama untuk merangsang ovulasi untuk sebagian besar pasien.
  7. Metformin diambil dengan clomiphene – mungkin dicoba jika klomifen saja gagal. Kombinasi tersebut dapat membantu wanita dengan PCOS berovulasi pada obat dosis rendah.
  8. Gonadotropin – diberikan sebagai tembakan, tetapi lebih mahal dan meningkatkan risiko kelahiran kembar dibandingkan clomiphene.
  9. Pilihan lain adalah fertilisasi in vitro (IVF). IVF menawarkan kesempatan terbaik untuk menjadi hamil dalam siklus tertentu. Hal ini juga memberikan kontrol yang lebih baik dokter atas kemungkinan kelahiran kembar. Tapi, IVF sangat mahal.
  10. Bedah “pengeboran ovarium”. Adalah operasi yang dapat meningkatkan kemungkinan ovulasi. Ini kadang-kadang digunakan ketika seorang wanita tidak merespon terhadap obat-obatan kesuburan. Dokter membuat luka yang sangat kecil atas atau di bawah pusar (pusar) dan memasukkan sebuah alat kecil yang bertindak seperti teleskop ke dalam perut (perut). Ini disebut laparoskopi. Dokter kemudian tusukan ovarium dengan jarum kecil yang membawa arus listrik untuk menghancurkan sebagian kecil dari ovarium. Prosedur ini membawa risiko mengembangkan jaringan bekas luka di ovarium. Pembedahan ini dapat menurunkan kadar hormon pria dan membantu dengan ovulasi. Tetapi, efek ini hanya dapat bertahan beberapa bulan. Perawatan ini tidak membantu dengan hilangnya rambut kepala atau peningkatan pertumbuhan rambut pada bagian lain

ApakahPCOS mempengaruhi seorang wanita saat hamil?