Lalu akhirnya kami sepakat untuk meminta tenggang waktu kepada dr Adi dan beruntung sekali karena dr Adi memberikan tenggang waktu hingga tanggal 6 Januari 2014 dan berpesan untuk melakukan segala upaya alami agar maksila tanggal 6 Januari 2014 sudah ada tanda persalinan.

Akhirnya mulai dari relaksasi, akupunktur, akupresure, moxa therapy, hingga treatment-treatment alami lain beliau lakukan bersama Bidan Kita, berupaya agar kontraksi muncul dan proses persalinan bisa terjadi. Dan akhirnya sejak tanggal 1 januari 2014 sudah mulai muncul flek walaupun kontraksi belum intens, tangal 5 Januari 2014 pukul 17.50, beliau sms saya mengabarkan bahwa sudah pembukaan 1 cm dan diminta untuk menunggu di rumah. dan akhirnya di tanggal 6 Januari 2014 kontraksi mulai intens, dan bunda Lita datang ke Bidan Kita ternyata pembukaan 3 cm. Saat itu bunda Lita memilih untuk stay di Bidan Kita, sambil tetap saya amati dan tetap saya konsul kepada dr Adi by phone, ternyata proses pembukaan dari 3 cm menuju 4 cm membutuhkan waktu lebih dari 24 jam. Beruntung sekali bunda Lita sudah menguasai nafas dan pikiran, sehingga selama kontraksi, beliau sangat tenang sekali sehingga bisa menghemat energinya. Saat itu saya berkata kepada bunda Lita bahwa mungkin dek Kenes badannya besar, sehingga butuh tenaga dan waktu yang lebih lama untuk menurunkan kepalanya ke panggul, untuk menyelipkan bahunya supaya bisa melewati panggul bundanya nanti, SABAR dan PASRAH itu yang bisa saya ungkapkan kepada bunda Lita.

Hingga akhirnya kontraksinya semakin intens dan luar biasa hingga nyaris tanpa jeda, dan sekali lagi beruntung karena bunda Lita benar benar Matang latihan nafasnya sehingga tetap bisa tersenyum dan tenang walaupun proses pembukaan berlangsung lama dan panjang. Tanggal 8 Januari 2014 dini hari adalah waktu yang dipilih dek KENES untuk lahir ke bumi, dan setelah 2 jam IMD, dan ditimbang berat badan bayi ternyata 4,3 kg!!! Wow, saya sangat kaget, begitu pula dr Adi…kok bisa?! Padahal hasil USG di detik terakhir menunjukkan 3,5 kg juga.

WOW…ternyata mungkin itu strategi de KENES untuk tetap mengelabui Kami agar dr Adi pun mengijinkan bunda Lita untuk VBAC. Coba kalau sejak USG sudah ketahuan bahwa Tafsiran Berat Janinnya 4 kg? Bisa dipastikan bunda Lita harus Operasi SC lagi.

Ya…BERLATIH, SABAR, PASRAH, dan PERCAYAI TUBUH & BAYI adalah pelajaran yang saya dapatkan dalam kisah persalinan dek KENES, yang memang KENES.

** Note: dalam bahasa jawa , KENES berarti KEMAYU, atau Centil.

Dan ini adalah kecentilannya hehe……

Semoga ini menyemangati Anda. Bahwa perlu Ora et Labora jika Anda menginginkan untuk bisa VBAC.

Jadi Pemberdayaan diri adalah Kuncinya

inilah baby Kenes yang “centil” itu:

 

Salam Hangat

Yesie