Kapan harus pergi ke rumah sakit?

Pada umumnya, jerawat payudara akan sembuh dengan sendirinya, namun konsultasikanlah dengan provider Anda apabila jerawat payudara Anda tidak kunjung membaik atau menjadi sangat menyakitkan sampai Anda tidak dapat menyusui. Konsultasikan juga dengan provider Anda apabila jerawat payudara Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti demam, menggigil, badan sakit-sakit, kelelahan, rasa sakit di satu area di payudara, atau pembengkaan.

Bagaimana cara mencegahnya?

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat payudara:

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Posisikan bayi Anda dengan benar saat menyusui. Pastikan bahwa bahwa bayi Anda menempel dengan benar sehingga mulut bayi Anda membentuk segel yang kuat diantara puting dan sebagian besar areola Anda. Cobalah untuk bereksperimen dengan posisi bayi Anda saat menyusui.
  • Bersihkan puting Anda setelah menyusui dengan kain yang telah dibasahi untuk mencegah pori-pori tersumbat.
  • Minum banyak cairan. Selain mengurangi produksi ASI Anda, dehidrasi juga dapat membuat ASI Anda menjadi lebih kental sehingga meningkatkan resiko ASI tersumbat dan jerawat payudara.
  • Pompa atau perah ASI Anda sebelum Anda tidur. Terkadang, bayi Anda mulai tidur sepanjang malam. Walaupun hal ini berarti Anda dapat tidur lebih lama, namun hal ini juga berarti payudara Anda akan menjadi sangat penuh. Memompa atau memerah ASI Anda sebelum tidur dapat membantu untuk mencegah pembentukan jerawat payudara.

 

Knowledge is power~

Sumber:

https://www.healthline.com/health/parenting/milk-blister#The-Takeaway

https://www.medela.com.au/breastfeeding/blog/breastfeeding-tips/breastfeeding-advice-what-is-white-bleb-and-what-can-i-do-about-it

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321714#best-remedies

https://www.verywellfamily.com/blebs-and-breastfeeding-431579

https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/milk-blebs-blisters-breastfeeding/