Selama kehamilan, payudara Anda akan mengalami berbagai perubahan. Dari awal kehamilan Anda, dengan adanya perubahan hormon di tubuh Anda, payudara Anda mulai mempersiapkan produksi ASI untuk si kecil. Untuk beberapa orang, payudara yang mentheng-mentheng bahkan merupakan tanda awal dari kehamilan. Selain itu, alveoli Anda (kantung kecil di payudara Anda tempat ASI diproduksi) mulai tumbuh lebih besar dan bertambah banyak. ASI yang diproduksi oleh alveoli ini nantinya akan disalurkan ke puting Anda melalui saluran ASI.

Selain perubahan diatas, Anda mungkin juga menyadari bahwa payudara Anda terasa lebih besar dan lebih berat. Areola Anda (area kecoklatan disekitar puting Anda) biasanya juga akan menjadi lebih gelap dan semakin lebar. Anda mungkin juga akan menyadari benjolan benjolan kecil disekitar puting Anda. Benjolan tersebut dinamakan Tuberkel Montgomery. Benjolan ini normal muncul saat Anda hamil atau menyusui dan berfungsi untuk memproduksi minyak agar kulit Anda tetap licin dan terlindung dari infeksi. Karena volume darah Anda meningkat, Anda mungkin akan menyadari bahwa pembuluh darah di payudara Anda lebih terlihat.

Semua perubahan diatas merupakan bentuk persiapan yang dilakukan tubuh Anda untuk mempersiapkan Anda dalam menyusui si kecil. Sebelum ASI Anda matang, payudara Anda akan terlebih dahulu memproduksi kolistrum. Terkadang, kolostrum ini dapat keluar bahkan beberapa bulan sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir) Anda dan ini adalah hal yang normal. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai ASI bocor selama kehamilan.

panduan-audio-hypnofertility-ads

Apa itu kolostrum?

Kolostrum atau yang juga disebut sebagai cairan emas karena kandungan nutrisi dan antibodinya yang luar biasa adalah ASI pertama yang diproduksi payudara Anda. Wujud kolostrum beragam dari cairan bening sampai cairan kental kekuningan. Kolostrum adalah makanan super yang akan memenuhi semua kebutuhan bayi Anda sampai ASI Anda matang sekitar hari ketiga atau keempat setelah persalinan. Sebelum ASI Anda matang, bayi Anda hanya akan memerlukan beberapa sendok teh kolostrum untuk memenuhi semua kebutuhan bayi Anda.