Menyusui seharusnya merupakan pengalaman yang menyenangkan, baik bagi Anda maupun bayi Anda. Jadi apabila Anda merasakan rasa sakit saat menyusui, maka itu adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit saat menyusui, dan salah satunya adalah puting yang luka atau pecah-pecah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai puting lecet dan cara mengatasinya.

Apa penyebabnya?

Rasa sakit di area puting merupakan masalah yang umum dialami oleh para ibu yang baru pertama kali menyusui. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan puting sakit, lecet, atau pecah-pecah.

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Puting sensitif

Puting yang sensitif adalah masalah yang seringkali dialami oleh para ibu baru. Masalah ini biasanya mulai terjadi selama kehamilan dan memuncak 4 hari setelah melahirkan. Apabila puting Anda sensitif, Anda mungkin akan merasa seperti puting Anda ditusuk dengan jarum ketika bayi Anda mulai menyusu, dan sensasi ini biasanya berlangsung sampai 30 detik. Namun, kabar baiknya, masalah ini biasanya akan membaik dengan sendirinya. Apabila hal ini benar-benar mengganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat mencoba untuk menggunakan kompres dingin atau hangat sebelum dan setelah menyusui.

  • Posisi yang tidak tepat

Kunci kesukesan menyusui terletak pada posisi yang baik, atau lebih tepatnya memastikan bahwa mulut bayi Anda menempel dengan benar di payudara Anda saat menyusui. Rasa sakit pada puting Anda dapat menjadi tanda bahwa bayi Anda tidak menempel dengan benar. Beberapa tanda lain bahwa bayi Anda tidak menempel dengan benar adalah suara klik klik klik yang menandakan bahwa bayi Anda hanya menghisap puting Anda dan bukan payudara Anda. Selain itu Anda akan menyadari bahwa bayi Anda rewel, melakukan gerakan mengunyah, atau menjadi merah.

  • Thrush

Thrush atau yang disebut juga dengan kandidiasis mulut adalah infeksi jamur pada mulut yang disebabkan oleh jamur Candida albicans yang menumpuk pada lapisan mulut. Kandungan laktosa di dalam ASI Anda dapat membuat jamur ini semakin tumbuh dengan subur. Thrush dapat mempengaruhi bayi Anda dan puting Anda. Tanda tandanya adalah puting yang berwarna pink, gatal, dan terlihat keras, kering, dan atau terbakar. Anda juga dapat melihat pipi bayi Anda di bagian dalam atau lidah bayi Anda untuk memastikan apakah ia juga terkena thrush. Apabila Anda melihat ada putih-putih yang melapisi lidah atau pipi bayi Anda di area dalam, maka kemunginan bayi Anda juga terkena thrush.