Apabila Anda atau bayi Anda terkena thrush, Anda harus mengobatinya terlebih dahulu. Kabar baiknya, Anda biasanya tidak perlu berhenti menyusui selama pengobatan. Ingatlah untuk selalu mejaga kebersihan Anda seperti mencuci tangan, menggunakan handuk yang berbeda, dan menggunakan bra yang bersih.

  • Jerawat payudara atau blebs

Blebs atau jerawat payudara adalah pori pori puting yang tersumbat. Blebs biasanya terlihat seperti bintik-bintik putih kecil yang terlihat seperti luka melepuh dan berisi susu. Hal ini biasanya terjadi ketika ASI Anda tersumbat sehingga ASI Anda tidak dapat keluar, mengeras, lalu menyumbat aliran ASI di area puting.  Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jerawat payudara dan cara mengatasinya, klik disini …

  • Teething

Teething merupakan sensasi yang dirasakan oleh bayi Anda ketika giginya mulai tumbuh. Gejala teething dapat dimulai sejak si kecil berusia 3 sampai 4 bulan. Rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh teething ini dapat diredakan dengan menggigit dan mengunyah, termasuk puting Anda.

Apabila bayi Anda mulai teething, tawari bayi Anda mainan untuk teething atau handuk basah yang telah dimasukkan freezer untuk membantu membuat gusi bayi Anda menjadi kebas, mengizinkannya untuk dapat menempel dan menyusu dengan baik. Apabila bayi Anda tetap mengunyah payudara Anda, lepaskan bayi Anda dengan perlahan dan berikan handuk basah dingin lagi pada gusi si kecil.

panduan-audio-hypnofertility-ads
  • Kulit kering

Kulit yang terlalu kering atau dermatitis kontak (dermatitis yang terjadi ketika kulit Anda iritasi akibat paparan bahan kimia tertentu) dapat menyebabkan puting Anda menjadi terasa sakit.

Apabila kulit Anda kering, Anda dapat memeras sedikit ASI Anda menggunakan tangan dan mengoleskannya di puting Anda. Anda juga dapat menggunakan krim lanolin murni. Ketika Anda mandiri, hindari menggunakan sabun pada payudara atau puting Anda.

  • Eczema

Eczema atau dermatitis atopik merupakan jenis dermatitis yang sangat umum. Apabila Anda terkena dermatitis ini, kulit Anda akan terlihat merah, beruam, dan bersisik. Eczema ini dapat terjadi di punggung, lutut, siku, sekitar mata, dan bahkan puting Anda. Konsultasikan pada provider Anda apabila Anda terkena eczema.

  • Pompa payudara

Puting yang sakit dapat disebabkan oleh pompa payudara Anda, terutama apabila Anda menggunakan pompa dengan setelan sedotan yang terlalu tinggi atau menggunakannya dengan posisi yang tidak benar sehingga terdapat gesekan yang berlebih.