Letakkan bayi di dada ibu

  • Dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu, dan lihat apakah kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu.
  • Posisikan bayi dalam “frog position” yaitu fleksi pada siku dan tangkai, kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak ekstensi.

Tutupi bayi dengan pakaian ibu ditambah selimut yang sudah dihangatkan sebelumnya

  • Tidak perlu baju khusus bila baju yang dikenakan sudah cukup hangat dan nyaman selama bayi kontak dengan kulit ibu
  • Pada waktu udara dingin, kamar harus hangat
  • Bila baju ibu tidak dapat menyokong bayi, dia dapat menggunakan handuk/kain (dilipat diagonal, dan difiksasi dengan ikatan atau peniti yang aman di baju ibu), kain lebar yang elastic, atau kantong yang dibuat sedemikian untuk menjaga tubuh bayi.
  • Dapat pula memakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu, bayi diletakkan diantara payudara ibu, baju ditangkupkan. Kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak jatuh.

Aktivitas ibu

Ibu dapat bebas bergerak Walau berdiri, duduk, jalan, makan dan mengobrol Pada waktu tidur, KMC dapat dilaksanakan dengan cara posisi ibu setengah duduk (15″ horizontal) atau dengan jalan mltk beberapa bantal di belakang punggung ibu).

Nutrisi dan pertumbuhan bayi

Posisi KMC ideal untuk menyusui bayi Ajari ibu cara menyusui dan pelekatan yang benar Bila ibu cemas tentang pemberian minum pada bayi, dorong ibu agar mampu melakukannya Bila ibu tidak dapat menyusui, berilah ASI peras dengan menggunakan salah satu alternatif cara pemberian minum Pantau dan nilai jumlah ASI yang diberikan setiap hari.

Bila ibu menyusui catat waktu ibu menyusui bayinya. Timbang berat badan bayi setiap hari dan nilai tingkatannya.

Pemantauan

Jelaskan pada ibu mengenai pola pernafasan dan warna bayi normal serta kemungkinan variasinya yang masih dianggap normal. Mintalah pada ibu waspada terhadap tanda yang tidak biasanya ditemui atau tidak normal.