1. Proses persalinan yang lebih panjang akan berhubungan dengan bayi sungsang karena berat dan tekanan dari kepala tidak membantu untuk melebarkan leher rahim.

2. Jika dilatasi serviks penuh tidak tercapai ada kemungkinan terjadi jebakan pada kepala, jadi harus benar-benar pembukaan lengkap.

3. Kepala tidak memiliki kesempatan untuk moulding/moulase jika terjadi proses persalinan yang cepat seperti dalam presentasi kepala di bawah. Hal ini dapat mengakibatkan pendarahan di dalam tengkorak bayi.

4. Prolaps tali pusat: ini adalah di mana tali pusatnya keluar sebelum bayi. Hal ini dapat terjadi karena pantat, kaki atau lutut tidak seketat tubuh. Hal ini lebih umum selama kelahiran prematur. penting untuk menjaga membran ketuban utuh karena. Jika prolaps tali pusat terjadi pada awal persalinan, bedah sesar akan direkomendasikan. Jika itu terjadi selama tahap kedua, kelahiran dapat dilanjutkan. Komplikasi ini terlihat pada 3,7% sampai 7% dari bayi sungsang dan sekitar 0,3% dengan kepala di bawah bayi.

panduan-audio-hypnofertility-ads

5. Tali pusat tersebut dapat terjepit antara kepala dan pusar ketika bayi lahir. Namun, kompresi tali pusat tidak bisa dihindari sebagai kepala melewati panggul.

6. Cedera organ internal: ini sering disebabkan manipulasi parah atau penanganan yang salah dari kelahiran sungsang. Ini meningkatkan kemungkinan cedera organ dalam. Cedera yang paling umum adalah hati, ginjal atau kerusakan kelenjar adrenal dari tekanan pada cedera batang tubuh, leher atau tulang belakang dan lengan atau kaki terkilir.

7. Hipoksia janin: bayi tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini mungkin karena prolaps tali pusat, kompresi tali pusat atau pemisahan plasenta secara prematur.

8. Shoulder dystocia: kesulitan melahirkan lengan dan bahu.

9. Morbiditas janin meningkat dan angka kematian: Bayi lebih mungkin meninggal selama kelahiran sungsang karena alasan di atas. “Penggunaan operasi caesar untuk pengiriman sungsang dengan keyakinan bahwa lebih aman dapat menjadi ramalan, sebagai pembantu menjadi kurang terampil pengiriman sungsang.” (Etkin et al., 2000)

Risiko operasi caesar dan manfaat dari kelahiran normal